logo_ocistok

Cara Import Barang Dari China Ke Indonesia, Pahami Langkah-Langkahnya Disini!

Berilian Ardi
July 7, 2021
Comments
https://ocistok.co.id/control-panel/foto/Cara Import Barang Dari China Ke Indonesia, Pahami Langkah-Langkahnya.png

A. Cara Import Barang Dari China

 

Cara import barang dari China ke Indonesia dengan cara yang mudah sangat mungkin di lakukan terlebih di era perkembangan teknologi dan informasi seperti saat ini, mudahnya akses teknologi dan informasi memungkinkan melakukan pengiriman barang dari luar negri dalam waktu yang relatif singkat.

 

Salah satu Negara yang menjadi mitra dagang terbesar Indonesia adalah Negara China. Indonesia sudah sering import berbagai jenis barang dari China sejak lama seperti kebutuhan industri, kebutuhan perorangan seperti fashion, elektronik bahkan makanan dan minuman. Semua orang saat ini pasti menginginkan berbelanja barang yang berkualitas dengan harga murah, dari hal ini kebanyakan para pelaku usaha mulai memperoleh barang yang akan mereka jual dengan cara mengimport dari luar negeri seperti China.

 

Nah, jika kalian saat ini ingin memulai maupun mengembangkan usaha import China, namun masih bingung bagaimana cara import barang dari China, berikut ini beberapa tips dan trik cara Import barang dari China yang dapat membantu bisnis kalian;

 

 

B. Import Barang Melalui Marketplace

 

Saat ini sudah banyak marketplace atau e-Commerce dari China yang dikhususkan untuk para pelaku bisnis, Melalui marketplace import barang menjadi hal yang sangat mudah di lakukan karna tinggal mencari produk-produk yang ingin di import hanya lewat Hp atau Komputer.

 

Cara import barang melalui marketplace dari China yang pertama harus di lakukan yaitu mengenali marketplacenya terlebih dahulu.

 

Kalian pasti mengetahui beberapa marketplace terbesar di China seperti Alibaba.com, 1688.com, Aliexpress, Taobao dan lain sebagainya. Marketplace tersebut sudah sangat terpercaya dan tidak asing dalam hal bisnis Import, karena setiap harinya transaksi di negara tersebut bisa mencapai ratusan ribu produk.

 

Kalian dapat membeli barang import dari China melalui marketplace terpercaya seperti;

 

a. Alibaba.com

Marketplace ini menjadi salah satu marketplace terbesar di China, cara Import barang dari China melalui Alibaba direkomendasikan karena sudah terbukti aman dan terpercaya dan sudah beroprasi di berbai penjuru dunia. Namun kalian harus memperhatikan kembali para seller sudah terverifikasi atau verifed oleh Alibaba.com.

 

Kalian dapat membeli barang Import di Alibaba dengan metode transaksi menggunakan Paypal.

 

b. AliExpress

Merupakan marketplace yang masih satu group dengan Alibaba, AliExpress juga merupakan marketplace terbesar di China yang menjadi wadah para pelaku usaha membeli barang mereka di situs ini. Karena melalui AliExpress kalian bisa membeli barang Import dengan jumlah besar atau grosir serta bisa membeli produknya per satuan.

 

Cara Import barang dari China melalui AliExpress juga sangat lengkap, barang apapun untuk usaha pasti ketemu. Kalian dapat menyediakan Kartu Kredit, Alipay dan Transfer Bank untuk membeli barang di marketplace ini. Tidak hanya mudah dalam transaksi, AliExpress juga menyediakan garansi uang kembali apabila produk yang kalian beli tidak sesuai.

 

c. 1688.com

Cara Import barang dari China melalui marketplace satu ini juga menjadi rekomendasi untuk kalian mendapatkan barang dengan berkualitas. Merupakan satu grup dengan Alibaba yang sangat cocok untuk kalian dalam membeli barang Import dengan jumlah besar, karena sistem yang mereka tawarkan semakin banyak kalian membeli barang Import maka semakin murah harga yang akan kalian dapatkan.

 

Hampir seluruh barang yang tersedia disini langsung dari pabrik atau supplier tangan pertama dan barang yang akan kalian cari pasti ketemu, tidak hanya itu saja 1688.com juga sangat aman dalam proses transaksi. Nanum, kalian harus menyediakan google translate untuk mengunjungi situs ini karena masih menggunakan bahasa mandarin.

 

d. Taobao

Cara Import melalui Taobao sama halnya dengan 1688.com dan masih satu atap dengan Alibaba. Taobao bisa kalian manfaatkan juga dalam mencari barang Import dengan harga cukup murah dan terjangkau.

Produk yang kalian cari pasti ketemu karena banyaknya supplier yang ada di marketplace ini.

 

Baca Juga : Kenali Apa Itu Supplier? Pengertian, Tugas Jenis dan Pentingnya Dalam Usaha

 

 

C. Pilih Barang Import Berisiko Rendah

 

Cara import barang dari China selanjutnya yaitu memilih barang Import dengan risiko rendah.

 

Banyak para pelaku usaha yang memulai usaha mereka secara individu maupun pribadi, namun tidak bayak juga yang mengalami masalah dalam melakukan proses Import. Hal ini perlu kalian perhatikan dalam memilih barang Import untuk kalian jual kembali.

 

Indonesia adalah negara yang sadar akan hukum dan ketat soal produk luar negeri yang masuk jika tidak memiliki izin Import yang jelas. Sebaiknya kalian harus mempersiapkan dokumen dan barang Import yang berisiko rendah seperti perlengkapan dapur, fashion, alat kesehatan dan lain sebagainya.

 

Baca Juga : Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Taobao Bahasa Indonesia/Inggris

 

D. Menggandeng Partner Jasa Import

 

Cara import barang dari China yang terakhir yaitu menggandeng jasa Import.

 

Jika kalian belum mengerti terkait bisnis/usaha Import, sebaiknya kalian menggunakan jasa Import yang profesional dalam pengurusan kepabeanan dan telah dipercaya. Kalian akan mendapatkan cukup banyak keuntungan jika menggunakan partner jasa Import dan tidak perlu memikirikan terkait pengurusan dokumen. Beberapa keuntungannya seperti;

 

 

a. Biaya Pengeluaran Yang Tidak Mahal

Pelaku usaha tentu harus mengatur pengeluaran sebaik mungkin, salah satu hal yang cukup membutuhkan biaya cukup besar yaitu pengurusan barang Import dari luar negeri. Namun, biaya Import bisa kalian minimalisirkan dengan menggunakan partner jasa Import, karena kebanyakan tarif yang ditawarkan lebih murah daripada kalian mengurus proses Import sendiri.

 

b. Fleksible

Selain biaya pengeluaran yang tidak terlalu mahal, partner jasa Import bisa menjadi solusi untuk para pelaku usaha yang membeli barang Import mereka dengan menghitung berat dan volume. Artinya partner jasa import lebih fleksible dalam menangani jumlah dan ukuran barang.

 

c. Dokumen Sudah Tidak Menjadi Masalah

Seperti yang kalian ketahui, proses Import suatu barang dari luar negeri memakan proses yang cukup panjang. Terlebih soal pengurusan dokumen yang tidak mudah, jika kalian tidak menggunakan partner jasa Import mungkin kalian juga cukup sulit dalam hal ini dan pengurusan dokumen juga memungkinkan akan adanya tambahan biaya. Berbeda dengan menggandeng jasa Import, kalian tidak akan dipusingkan soal dokumen dan hanya duduk manis menunggu barang Import pesanan kalian tiba.

 

d. Bergaransi

Hal ini perlu kalian perhatikan jika menggunakan partner jasa Import ya, karena garansi menjadi hal penting untuk memastikan barang Import yang kalian beli tetap aman dan sesuai sampai alamat tujuan serta kalian akan percaya dalam soal pengecekan dan pengiriman barang.

 

Nah, jika kalian ingin membeli barang impor dengan harga sudah ALL IN dan tidak ingin pusing memikirkan biaya pajak, bea dan cukai serta sudah free ongkir China-Jakarta, kalian tinggal buka website Ocistok.com.

 

Ocistok.com adalah Marketplace supplier China terbesar di Indonesia dengan akses jutaan supplier China tangan pertama hanya di 1 website serta harga termurah untuk usaha.

 

Yuk, kalian bisa langsung menghubungi Tim Sales Ocistok via WhatsApp di 0812-1000-1808.

 

 

Sangat mudah bukan, berikut itulah Beberapa Cara Import Barang Dari China ke Indonesia paling baru ditahun ini.

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST