logo_ocistok

Mengapa Harus Import Barang Dari China ke Indonesia - Bisnis Import

Aris Akbar
December 10, 2021
Comments
https://ocistok.co.id/control-panel/foto/Mengapa Harus Import Barang Dari China ke Indonesia - Bisnis Import.png

Import barang dari China merupakan peluang usaha yang sangat menajanjikan. Hal ini benar adanya, karena barang import China dikenal memiliki harga yang murah dan dapat dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi di Indonesia. Bahkan, keuntungan yang diperoleh dari penjualan barang import tersebut bisa mencapai lima kali lipat dari harga belinya.

 

Barang-barang dari China sangat mudah ditemukan di pasaran. Jika kalian belum menyadarinya, barang import China terdiri dari berbagai macam produk seperti elektronik, fashion, perabot rumah tangga, produk kesehatan, dan produk lainnya. China sudah menjadi terkenal karena mengekspor barang ke berbagai negara.

 

A. Mengapa Bisnis Import Barang Dari China Itu Menguntungkan? Simak Ulasannya;

 

import barang dari china

 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Supplier Tangan Pertama Langsung Dari Pabrik

 

1. Memiliki Banyak Produk Dengan Harga Murah

 

Seperti yang telah kita ketahui, mayoritas penduduk Indonesia termasuk dalam kategori berpenghasilan menengah ke bawah. Dengan situasi ekonomi saat ini, mereka lebih mementingkan mencari barang murah daripada barang berkualitas. Selain itu, masyarakat umum memiliki keinginan yang kuat untuk mengganti produk dalam waktu singkat. Hal ini jelas menguntungkan pelaku usaha import, terlebih pangsa pasar di Indonesia juga sangat luas.

 

2. Dapat Menjadi Supplier Barang Import

 

Import barang dari China tidak lagi sebatas penjualan langsung ke masyarakat umum. Kalian juga dapat menjual kembali barang import ke perusahaan-perusahaan dengan layanan pengiriman door-to-door berbiaya murah. Kalian mungkin mendapatkan kesempatan untuk menjadi penyuplai logistik untuk perusahaan yang mencari produk dengan harga murah atau terjangkau.

 

3. Bisnis Import China Mudah Berkembang

 

Baik offline maupun online sekalipun, bisnis import China akan berkembang. Kalian bisa memulai menjadi reseller ataupun dropshipper, lalu kembangkan dengan serius dan segera menjadi supplier dalam import barang dari China.

 

 

Seiring berjalannya waktu, saat ini sudah ada banyak toko online yang menawarkan barang-barang yang dapat dibeli langsung dari China bahkan dengan pengiriman gratis. Harganya pun sangat murah jika kalian bandingkan dengan harga produk yang diproduksi di dalam negeri.

 

B. Mengapa Barang Dari China Lebih Murah?

 

import barang dari china

 

1. Biaya Pekerja Tidak Mahal

 

Meski sudah mendapat subsidi dari pemerintah. Perusahaan juga tetap berusaha untuk menurunkan biaya produksi dengan cara lain, seperti halnya menggantikan sebagian pekerja pada perusahaan tersebut dengan mesin, dan juga tidak memberikan asuransi ke para pekerjanya. Namun, karyawan atau pekerja di China dapat bekerja dengan senang hati tanpa adanya konflik yang tercipta.

 

Karena sumber daya manusia [SDM] di China yang memiliki jumlah cukup banyak serta mendapatkan pekerjaan disana juga tinggi, cukup banyak pekerja yang rela digaji dengan jumlah tidak terlalu mahal, hal itu turut mengurangi biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan.

 

Baca Juga : Cara Belanja di Taobao Indonesia Terbaru, Mudah dan Murah

 

2. Dukungan Pemerintah Dalam Kegiatan Ekspor

 

Import barang dari China tersebar di pasar domestik, hal itu karena kebijakan pemerintah China yang mendorong untuk kegiatan ekspor. Kebijakan ini diberlakukan untuk menguntungkan bisnis atau produsen yang ada di China, sehingga proses ekspor barang ke negara lain menjadi lebih mudah.

 

Dukungan pemerintah salah satunya seperti mempermudah proses yang dibutuhkan produsen dan beberapa perusahaan yang memang di bebaskan dari pembayaran pajak selama periode waktu tertentu. Selanjutnya, pemerintah akan memberikan subsidi untuk barang-barang import yang diproduksi.

 

Subsidi dari pemerintah memungkinkan produsen untuk menjual barang import mereka dengan harga yang lebih rendah namun tetap membuat produsen atau importir mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi.

 

C. Cara Memulai Bisnis Import Barang Dari China

 

import barang dari china

 

1. Pilih Supplier Terpercaya

 

Pastikan kalian memilih supplier import yang sudah terpercaya dan berpengalaman, hal ini bisa kalian temuakn di berbagai marketplace China yang tersedia. Selanjutnya, periksalah kinerja supplier tersebut dengan memeriksa performa invoice suppluer yang berisi layanan yang diberikan oleh supplier dan dapat menunjukan kinerja supplier tersebut.

 

2. Pilih Barang Tren

 

Saat kalian memulai bisnis yang melibatkan hal penjualan, hal penting yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi target pasar. Hal ini juga berlaku pada pebisnis import, kalian harus memahami jenis barang atau jasa yang dibutuhkan dan banyak dicari oleh banyak masyarakat Indonesia. Setelah itu, kalian harus mempertimbangkan jenis barang yang ingin diimport dari China seperti fashion, elektronik, perlengkapan dapur dan lain sebagainya. Usahakan tidak menjual barang yang memiliki target pasar yang terbatas.

 

3. Pastikan Barang Import Legal

 

Dalam menjalankan bisnis import barang dari China, hindari menjual barang import yang ilegal, karena barang-barang ilegal nantinya akan menimbulkan masalah yang berdampak burus bagi bisnis kalian.

 

Demikian sedikit ulasan mengapa bisnis import barang dari China itu menguntungkan. Ocistok.com menjadi solusi terbaik ketika kalian ingin memulai atau mengembangkan bisnis import barang dari China serta kemudahan berbelanja import. Semoga bermanfaat.

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST