logo_ocistok

13 Alat Bantu Fotografi Ini Wajib Banget Dimiliki Fotografer, Bisa Untuk Usaha Juga!

Berilian Ardi
September 6, 2022
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/13 Alat Bantu Fotografi Ini Wajib Banget Dimiliki Fotografer, Bisa Untuk Usaha.png

Alat bantu fotografi adalah alat bantu yang sangat diperlukan oleh para fotografer, karena fungsi yang sangat membantu seperti contohnya penerangan tekstur suatu objek agar terlihat hidup saat di foto seperti aslinya. Pada umumnya alat bantu fotografi terdiri dari; 

 

Alat Bantu Penyimpanan dan Perawatan

- Blower blush

- Tissue lensa

- Waterproof bag

- Dry box

- Silica gel

 

 Alat Bantu Pemotretan

- Kabel release

- Stand background

- Drone

- Filter

- Tripod dan monopod

- Tudung lensa

 

Alat Bantu Pencahayaan

- Trigger

- Flash/ blitz dan flash meter

- Storbo

- Slave unit

- Barndoors

- Holder atau bracket

- Soft box

- Payung reflector

- Honeycomb

- Light stand

 

Kali ini Ocistok.com akan memberikan beberapa informasi alat bantu fotografi yang wajib banget dimiliki para fotografer. Yuk simak artikelnya dibawah ini;

 

https://ocistok.com/register?utm_source=SEO&utm_medium=artikel&utm_campaign=blogs

 

Baca Juga : 8 Peralatan Fotografi Hp yang Simple, Bisa Untuk Usaha Juga!

 

1. Payung Reflektor

 

alat bantu fotografi

 

Alat bantu fotografi ini menjadi peran penting bagi para fotografer. Hal ini karena fungsi untuk mendapatkan jangkauan cahaya yang lebih luas untuk memperoleh penerangan atau cahaya yang lebih lembut.

 

Pada umumnya alat bantu fotografi satu ini memiliki warna putih dan perak untuk menghasilkan warna yang hidup, untuk warna emas biasanya untuk menghasilkan warna yang lebih calm atau hangat.

 

2. Stand Background

 

alat bantu fotografi

 

Stand background adalah alat yang digunakan sebagai latar belakang. Item ini memiliki berbagai macam jenis seperti pola, gambar dan warna. Stand background memiliki penyangga untuk bisa digerakkan naik turun sesuai kebutuhan.

 

3. Filter Lensa

 

alat bantu fotografi

 

Alat bantu fotografi satu ini sangat penting, karena memiliki fungsi untuk mengurangi pencahayaan yang masuk ke dalam kamera, hal ini untuk menyaring cahaya yang tidak terlalu over karena dapat menimbulkan efek. Filter terdapat dua bentuk, filter bentuk bulat dan bentuk kotak.

 

Jika kalian ingin menggunakan filter bulat, harus mempertimbangkan diameter lensa kamera yang kalian gunakan. Jika kalian menggunakan filter kotak, terdapat alat tambahan yang terletak di bagian bawah kamera.

 

4. Tripod

 

alat bantu fotografi

 

Alat bantu fotografi selanjutnya adalah Tripod. Dari segi pemotretan, fungsi tripod dan monopod sama.

 

Keduanya berfungsi untuk menstabilkan kamera agar tidak ada goncangan (goyang) selama pemotretan. Perbedaan utama adalah tripod memiliki tiga kaki penyangga, tetapi monopod hanya memiliki satu kaki penyangga, sehingga tampak lebih praktis.

 

5. Flash atau Flash Meter

 

alat bantu fotografi

 

Alat bantu fotografi satu ini agak familiar. Flash atau blitz biasa digunakan dalam pemotretan yang membutuhkan cahaya tambahan, seperti pada ruangan yang kurang pencahayaan dan pada malam hari.

 

Sebenarnya, flash dapat digunakan pada waktu siang hari sekalipun namun hanya untuk full ini cahaya. Untuk flash meter dapat digunakan untuk pengukuran pencahayaan.

 

6. Honeycomb

 

alat bantu fotografi

 

Honeycomb adalah perangkat yang bekerja dengan cara yang sama seperti filter yaitu membuat cahaya lebih sift. Bedanya honeycomb tidak terletak pada bagian depan lensa, melainkan dipasang ke sumber pencahayaan contohnya lampu. Bentuk dari alat bantu fotografi satu ini mirip seperti sarang lebah.

 

Baca Juga : Grosir Mainan Partai Besar Ide Jualan Menguntungkan

 

7. Soft Box

 

alat bantu fotografi

 

Softbox adalah jenis barang yang terbuat dari bahan yang lembut bentuk segitiga/piramida. Fungsinya mirip dengan reflektor, tetapi menghasilkan cahaya yang lebih terkonsentrasi atau lembut. Cahaya yang masuk ke alat bantu fotografi satu ini berasal dari alat lainnya yaitu strobo.

 

8. Slave Unit

 

alat bantu fotografi

 

Alat bantu fotografi ini merupakan alat yang dapat menangkap pencahayaan dari sumber cahaya, kemudian akan disalurkan ke sumber lainnya yang terhubung ke slave unit.

 

9. Strobo

 

alat bantu fotografi

 

Strobo memiliki fungsi yang sama dengan reflektor yaitu dapat menyaring atau menangkap sumber cahaya. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran, ukuran strobo terkadang lebih besar, sehingga cahaya yang dihasilkan pun juga lebih besar.

 

10. Waterproof Bag

 

alat bantu fotografi

 

Sesuai dengan namanya, alat bantu fotografi ini mempunyai kemampuan untuk melindungi alat-alat fotografi saat melakukan pemotretan dan merupakan alat bantu fotografi yang harus dibawa setiap saat.

 

Baca Juga : Mengapa Kalian Harus Belanja di 1688 Indonesia

 

11. Silica Gel

 

alat bantu fotografi

 

Alat bantu fotografi yang digunakan untuk pembersih atau pengering lensa agar tidak ada debu dan kelembaban yang terlalu berlebihan.

 

12. Tissue Lensa

 

alat bantu fotografi

 

Seperti yang kalian harus ketahui bahwa alat bantu fotografi tidak boleh dibersihkan dengan sembarangan. Sebaiknya gunakan tissue lensa untuk membersihkan area lensa agar kualitas kamera selalu tetap terjaga dan bersih.

 

13. Kabel Release

 

alat bantu fotografi

 

Alat bantu fotografi ini akan sangat membantu kalian dalam menekan tombol shutter. Kalian dapat memasangnya ke soket kabel release di tombol shutter. Penggunaan alat ini dapat membantu mengurangi getaran saat menekan tombol shutter.

 

Nah, itulah 13 alat bantu fotografer yang wajib kalian miliki. Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan alat alat tersebut untuk kebutuhan bisnis atau usaha. Kalian bisa mendapatkan semua produk importnya di Ocistok.com! Semua Alat Bantu Fotografi yang kalian cari pasti ketemu.

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST