creative

3 KESALAHAN FATAL YANG SERING DILAKUKAN OLEH PEBISNIS PEMULA

Merintis bisnis sendiri adalah impian dari setiap individu akan tetapi, membangun bisnis tersebut tidaklah mudah, seringkali akan dihadapkan dengan berbagai macam kesalahan yang beragam makanya tak heran banyak pebisnis kecil ataupun pemula yang tidak bertahan dan terpaksa gagal ditengah jalan.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan fatal yang sangat sering dilakukan oleh para pebisnis muda berikut penjelasan bagaimana cara yang tepat untuk menyikapinya.

1. Tidak Memperhatikan Service Yang Diberikan 

Memulai suatu bisnis tidaklah memulu soal seberapa besar untung yang akan didapat tetapi, sangat diperlukan untuk mengetahui “Service Quality” dalam menjalankan bisnis tersebut seperti contoh, jika kalian sedang mulai berbisnis online, penting sekali bagi kalian untuk memperhatikan hal hal seperti;

a. Kecepatan dalam membalas pesan Customer.

Time is money. “ Fast Response ” dalam menanggapi pesan Customer bertujuan untuk menghilangkan keraguan mereka kepada toko tersebut pada saat berbelanja

b. Penggunaan tata bahasa yang baik.

Sangat penting dalam menyampaikan informasi pada customer dengan penggunaan tata bahasa yang jelas, baik dan tepat. Hal ini bertujuan agar tidak membingungkan para customer

c. Memenuhi kebutuhan Customer dengan memberikan solusi apa yang dibutuhkan mereka.

Apabila para customer merasa kebutuhannya tidak terpenuhi maka akan menunjukkan perilaku kecewa, sebaliknya jika customer merasa kebutuhannya telah terpenuhi dengan baik maka akan menunjukkan perilaku yang positif. Mengetahui kebutuhan customer sangat penting customer karena itu adalah sasaran suatu perusahaan dalam mencapai targetnya.

d. Tidak menghindari keluhan Customer.

Membantu menyelesaikan semua keluhan yang di sampaikan dan mendengarkan feedback dari mereka.

2. Mengurus Semua Hal Sendiri

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pengusaha muda adalah mereka mempercayai bahwa dalam membangun sebuah bisnis tidaklah diperlukan bantuan dari orang lain.

Semua hal tidak bisa dikerjakan sendiri, terlebih bagi kalian yang baru saja ingin memulai suatu bisnis. Cobalah membiasakan diri untuk saling bekerjasama dalam sebuah “Tim”, itu akan sangat berguna dalam membangun kinerja pekerjaan serta meningkatkan performa bisnis kalian.

3. Tidak Aktif di Media Sosial

Tahukah kalian hampir setiap harinya di media sosial menghasilkan jumlah data yang tidak sedikit, seperti contohnya Twitter yang terdapat 500 juta Tweet setiap harinya, Facebook dengan 4,5 milyar like setiap harinya, serta Instagram dengan 95 juta foto & video yang diupload setiap harinya. " Kondisi ini mengindikasikan bahwa jumlah pengguna yang aktif di media sosial sangatlah besar "

Dari banyaknya data tersebut para pelaku bisnis wajib memiliki akun/id khusus di media sosial sebagai salah satu pasar bisnis kalian, mengingat tingginya keaktifan pengguna di media sosial. Manfaatkanlah platform media sosial ini sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis kalian.

Itulah beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula yang dapat teman-teman pelajari dan hindari.

related blog

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

img

Added to cart successfully!