logo_ocistok

4 Daftar Software Omnichannel Terbaik untuk Kelola Toko

Berilian Ardi
February 23, 2024
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/4-Daftar-Software-Omnichannel-Terbaik-untuk-Kelola-Toko.jpg

Secara singkat, software Omnichannel adalah sebuah sistem yang menggabungkan berbagai saluran penjualan ataupun komunikasi bisnis ke dalam satu platform.

 

Tujuan dari sistem omni channel, yaitu untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang baik ketika berbelanja di tokomu.

 

Tapi bukan cuma itu aja manfaat dari penggunaan omnichannel untuk bisnis, masih ada banyak lagi yang akan kita bahas di artikel ini.

 

Apa Itu Software Omnichannel?

 

Software omnichannel adalah sistem atau aplikasi yang dapat menghubungkan/integrasikan seluruh saluran (channel) komunikasi terhadap pelanggan, baik secara online maupun offline ke dalam satu platform secara real time. 

 

Hadirnya, aplikasi omnichannel tentunya bisa menjadi solusi buat kamu yang punya banyak bisnis dan tidak hanya berjualan di satu tempat saja, mis. marketplace.

 

Ditambah sistem ini juga sudah memiliki banyak fitur yang menunjang berlangsungnya bisnis offline dan online, seperti upload produk massal, proses pesanan sekaligus, hingga manajemen pergudangan.

 

Oleh karena itu, keberadaan aplikasi omni channel untuk sebuah bisnis memiliki peranan penting, diantaranya:

 

- Optimalisasi Proses Penjualan, Lebih dari sekadar kenyamanan pelanggan, integrasi Omni-Channel juga mengoptimalkan proses penjualan. Pelanggan dapat menjelajahi produk atau layanan di berbagai platform dan juga melakukan pembelian dengan lebih cepat dan efisien. Ini membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka dan merespon kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat.

 

- Integrasi Data sebagai kunci dalam memberikan layanan yang lebih personal dan relevan. Dengan adanya, informasi pelanggan, riwayat transaksi, dan preferensi tersedia secara terpusat.

 

- Memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk memilih cara interaksi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Ini tidak hanya menciptakan kepuasan pelanggan, tetapi juga meningkatkan potensi konversi.

 

Baca Juga : Apa Itu Chat Commerce dan Keuntungannya untuk Bisnis Online

 

Rekomendasi Omnichannel Terbaik yang Patut Dicoba!

 

Kira-kira ada nggak sih platform omni channel yang bisa menyediakan segala kebutuhan untuk operasional bisnis?

 

Pastinya ada dong, berikut ini beberapa rekomendasi software omnichannel yang bisa kamu gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

 

1. Jubelio Omnichannel

 

 

Daftar platform omnichannel yang pertama ada platform Jubelio Omnichannel.

 

Jubelio adalah platform omnichannel yang telah dilengkapi berbagai macam fitur untuk operasional bisnis sehingga dapat memudahkan pelaku usaha/pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka.

 

Apalagi jika mereka mempunyai banyak toko online dan offline, terkadang tentunya akan kesulitan untuk mengelolanya. 

 

Maka dari itu, fitur Jubelio adalah sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan offline dan online, seperti marketplace, social commerce, website, dan toko fisik hanya melalui satu dashboard.

 

Tidak sampai situ saja, masih ada fitur Jubelio lainnya,  seperti:

 

1. Adanya Fitur Upload Produk Secara Massal, fitur satu ini akan  memudahkan kamu dalam mengunggah foto produk di seluruh marketplace sekaligus, termasuk memetakan setiap kategori sekaligus menyesuaikannya dengan sistem kategori di marketplace.

 

2. Fitur Sinkronisasi Stok Barang Otomatis, kalau biasanya kamu harus mengawasi stok di masing-masing marketplace dan harus sesuai dengan data fisik yang ada di gudang. Dengan fitur Sync stock, udah bisa berkurang secara otomatis dan real-time

 

3. Proses Pesanan Sekaligus di Satu Dahboard, kamu dapat proses orderan dari seluruh marketplace hanya melalui satu dashboard dibandingkan harus membuka banyak tab di desktop untuk memproses seluruh pesanan yang masuk pada toko di berbagai marketplace.

 

4. Fitur Warehouse Management System, yang dapat memudahkanmu dalam manajemen gudang, seperti manajemen lokasi gudang, proses picking, packing,  pengiriman barang dalam satu sistem.

 

5. Bagi kamu yang punya toko offline, kamu bisa menggunakan software POS untuk mempermudah transaksi penjualan dan pembelian.

 

6. Adanya fitur chat commerce, yang akan membantu kamu balas chat pelanggan dari berbagai channel penjualan melalui satu dashboard sehingga tidak perlu bukan marketplace satu persatu

 

Buat kamu yang masih penasaran mengenai Jubelio Omnichannel, kamu bisa cek selengkapnya disini>>

 

2. BigSeller

 

BigSeller adalah salah satu rekomendasi Omnichannel terbaik di Indonesia, sistem yang satu ini memberikan layanan integrasi ke saluran penjualan.

 

Selain itu, softwrae ini juga memberikan layanan fitur lainnya untuk mengelola bisnis. Mulai dari, manajemen  inventaris, manajemen pesanan dan fitur analisis data dari berbagai aspek.

 

3. BigCommerce

 

BigCommerce adalah sebuah software omnichannel yang dirancang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan mendorong lebih banyak penjualan. 

 

Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan pengalaman belanja customer pada bisnismu sehingga secara tidak langsung dapat menambahkan konversi.

 

Adapun fitur yang disediakan oleh BigCommerce, mulai dari pengoptimalan feed di setiap saluran, tersedia manajemen pesanan, pengelolaan data, sampai menawarkan kemudahan untuk mendaftar di lebih banyak saluran.

 

Baca Juga : Kelola Banyak Toko Online Pakai Aplikasi Integrasi Marketplace

 

4. Bantudagang

 

Terakhir, ada omni channel yang namanya Bantudagang yang menawarkan layanan omnichannel untuk bisnis yang dijalankan melalui marketplace.

 

Bantudagang sendiri mempunyai beberapa fitur, diantaranya manajemen pesanan terpusat, sinkronisasi stok, laporan penjualan dan keuntungan, bisa diakses melalui berbagai device, hingga laporan penjualan.

 

*Artikel ini hasil kerja sama antara Ocistok dengan Jubelio

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST