logo_ocistok

5 Platform Buat Website Toko Online Terbaik

Berilian Ardi
June 5, 2024
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/5-Platform-Buat-Website-Toko-Online-Terbaik.jpg

Sekarang ini penggunaan platform online sangatlah penting bagi pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan mereka.

 

Terlebih lagi, hampir semua orang memilih untuk berbelanja secara online. Oleh karena itu, kamu perlu menciptakan peluang bisnis untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

 

Salah satunya dengan memilih membuat website toko online gratis yang sudah dilengkapi berbagai fitur.

 

Sebab, toko online bisa memberikan kesempatan pengunjung untuk mengetahui  informasi mengenai produk bisnis sekaligus membeli produk langsung melalui platform penjualan tersebut.

 

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan platform web jualan, ada baiknya kita simak penjelasannya di artikel ini yuk!

 

Tips Memilih Website Toko Online Gratis

 

Dengan memilih platform yang tepat untuk membuat website toko online menjadi keputusan penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnismu. 

 

Berikut ini, beberapa cara memilih platform untuk website toko online:

 

1. Tentukan Kebutuhan Bisnis

Mulai dari jenis produk yang dijual, skala bisnis, hingga anggaran usaha. Kamu bisa menentukan produk yang kamu jual bentuknya fisik, digital, atau layanan. 

 

Kemudian, jika kamu sudah tahu produk apa yang ingin dijual, kamu siapkan anggaran dana untuk membuat dan mengelola website jualan online.

 

2. Pertimbangkan Fitur yang Diperlukan

Umumnya, platform yang menyediakan layanan pembuatan web jualan sudah dilengkapi fitur yang cukup lengkap, seperti menyediakan fitur keamanan seperti SSL, proteksi dari serangan DDoS, dan kepatuhan PCI-DSS.

 

Nah, selanjutnya tinggal kamu sesuaikan saja kemudahan penggunaannya dan tidak memerlukan banyak pengetahuan teknis.

 

Lalu, pastikan desain responsif sehingga situs web bisa terlihat bagus di semua perangkat, khususnya di mobile. 

 

Selain dari desain, untuk memudahkan pelanggan membeli produk, maka yang perlu kamu lakukan ialah memeriksa apakah platform mendukung berbagai metode pembayaran (kartu kredit, transfer bank, dll.).

 

3. Evaluasi Berbagai Platform 

Saat ini, sudah ada berbagai macam platform yang menawarkan pembuatan website ecommerce yang menawarkan uji coba gratis.Kamu bisa memanfaatkan uji coba ini untuk mengeksplorasi fitur dan antarmuka pengguna dari masing-masing platform. 

 

Kemudian bandingkan pengalaman penggunaan kamu ketika menggunakan masing-masing platform dan pilih yang paling cocok dengan kebutuhan bisnis.

 

Sebelum, kamu memutuskan untuk memilih platform yang tepat, kamu dapat melakukan evaluasi di setiap platform untuk membangun website toko online. Mulai dari, kemudahan akses, fitur integrasi dengan sistem lain, banyak tema yang tersedia, dan lainnya.

 

Baca Juga : Kelola Banyak Toko Online Pakai Aplikasi Integrasi Marketplace

 

4. Pertimbangkan Pelayanan Pelanggan

Terakhir, pastikan platform menyediakan dukungan yang responsif dan membantu sehingga memudahkanmu mencari solusi ketika menghadapi masalah.

 

Dengan mempertimbangkan semua faktor di atas, tentunya kamu bisa lebih mudah menentukan platform yang paling sesuai untuk kebutuhan bisnis online milikmu.

 

Rekomendasi Platform Bikin Website Jualan Online

 

Buat kamu yang mencari platform untuk membuat website toko, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasinya di bawah ini.

 

1. Jubelio Store

 

jubelio

 

Rekomendasi untuk buat website toko online yang pertama ada Jubelio Store

 

Di Jubelio Store sudah tersedia berbagai fitur yang lengkap untuk membuat website jualan online dan kamu bisa mendapatkan kontrol secara penuh dalam menentukan strategi branding dan penetapan harga. 

 

Bukan cuma itu, kamu juga bisa menghubungkan dengan channel penjualan lainnya, memasukkan produk, memproses pesanan, hingga pengiriman barang.

 

Keunggulan lain penggunaan Jubelio Store:

 

• Desain Kustom & Template: Buat desain kustom atau gunakan template kami untuk mempercepat peluncuran toko online-mu.

 

• Pengiriman Terintegrasi: Jubelio Store menyediakan layanan pengiriman yang terintegrasi dengan Jubelio Shipment sehingga memudahkan menghitung biaya pengiriman, menghasilkan AWB, dan pelacakan pengiriman.

 

• Tersedia Bebagai Macam Pembayaran: Kamu dapat menggunakan beragam metode pembayaran seperti bank transfer, virtual account, retail payment, e-wallet, QRIS, dan lainnya.

 

• Atur Promosi Toko Online: Atur berbagai promosi secara terpusat dengan mudah menggunakan satu sistem.

 

• Fitur Multi Origin: Dengan fitur ini kamu bisa penuhi pesanan pelanggan berdasarkan lokasi stok terdekat yang tersedia.

 

• Terintegrasi dengan Sistem Omnichannel: Paling penting webstore Jubelio juga sudah terhubung omnichannel sehingga kamu bisa mengelola manajemen stok barang, pergudangan (WMS), proses pesanan, sampai pembukuan keuangan hanya melalui satu dashboard saja.

 

Mau tahu selengkapnya mengenai Jubelio Store? <<<Cek Selengkapnya

 

Baca Juga : Apa Itu Stock Opname, Fungsi, Tujuan, dan Periode Pelaksanaan

 

2. Shopify

 

Platform pembuatan website untuk toko online selanjutnya, yaitu Shopify.

 

Shopify menawarkan 2 jenis layanan yang dapat kamu coba, yaitu gratis dan berbayar. Pastinya sudah dilengkapi berbagai macam fitur. 

 

Kelebihan lainnya, mudah digunakan dengan interface yang intuitif, menyediakan banyak tema dan aplikasi yang tersedia, dan dukungan pelanggan.

 

Sayangnya kalau kamu memakai Shopify versi gratis, fitur yang didapatkan pun terbatas. Berbeda dengan versi sebelumnya, jika kamu pakai yang premium kamu bisa menambahkan fitur pembayaran kredit sampai tersedianya penjualan di Facebook dan biaya yang dikeluarkan setiap bulanan relatif tinggi.

 

3. Wix

 

Platform Wix adalah sebuah platform yang menghadirkan kemudahan dalam pembuatan website jualan online, sebab dapat dilakukan secara online dan kamu tidak perlu mendownload aplikasi.

 

Adapun kelebihan yang ditawarkan, seperti kemudahan penggunaan drag-and-drop editor, desain yang modern dan responsif.

 

Tetapi kekurangan dari platform ini, kurang fleksibel dibandingkan platform lain dalam hal kustomisasi dan fitur e-commerce yang terbatas.

 

4. Weebly

 

Weebly adalah salah satu platform pembuatan website yang populer dan menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu kamu membangun toko online.

 

Nah, buat kamu yang memiliki bisnis kecil dan ingin membuat website jualan dengan biaya yang terjangkau, Weebly adalah jawabannya. 

 

Namun, bagi bisnis yang membutuhkan fitur eCommerce yang lebih canggih atau kemampuan kustomisasi yang lebih dalam, mungkin perlu mempertimbangkan platform lain yang lebih kuat dan fleksibel.

 

5. Woocommerce

 

WooCommerce adalah platform eCommerce yang sangat populer yang dibangun sebagai plugin untuk WordPress, karena paling fleksibel dan dapat disesuaikan untuk membangun toko online dan menyediakan banyak plugin dan tema yang tersedia. Tapi membutuhkan sedikit pengetahuan teknis untuk instalasi dan pengaturan.

 

Tentunya kehadiran platform penjualan online yang kuat dapat membantu menjangkau konsumen yang lebih luas dan meningkatkan penjualan secara signifikan. Tetapi harus diiringi dengan pemilihan platform yang tepat untuk membuat website toko online.

 

*Artikel ini hasil kerjasama Ocistok dan Jubelio

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST