logo_ocistok

5 Strategi Pemasaran Bisnis Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Berilian Ardi
September 7, 2021
Comments
https://ocistok.co.id/control-panel/foto/5 Strategi Pemasaran Bisnis Online Untuk Meningkatkan Penjualan.png

Pada era digital seperti saat ini, hampir sebagian besar hidup kita sudah dikelilingi jaringan internet, jika sebelumnya kita ingin membeli sesuatu harus mengunjungi toko, sekarang sudah tersedianya berbagai macam platform online shop yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

 

Untuk meningkatkan penjualan, para pebisnis mulai melakukan pemasaran bisnis online dengan berbagai cara seperti menjual secara online dengan memberikan gratis ongkir, diskon produk, free ongkir dan lain sebagainya. Baik secara online maupun online dalam membuat strategi pemasaran adalah salah satu hal yang cukup penting, karena dengan memiliki strategi yang tepat bisnis kalian akan semakin maju dan berkembang.

 

Ingin tahu strategi pemasaran bisnis online untuk meningkatkan penjualan kalian? Nah, berikut ini beberapa strategi pemasaran bisnis online yang bisa kalian terapkan ke dalam bisnis;

 

Baca Juga : Kenali Apa Itu Supplier? Pengertian, Tugas Jenis dan Pentingnya Dalam Usaha

 

1. Hadir Di Platform Marketplace

 

Strategi pemasaran bisnis online yang pertama yaitu hadir di platform marketplace.

 

 

Dikutip dari beberapa berita di Indonesia, platform marketplace merupakan salah satu wadah yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis online untuk memasarkan produk mereka. Marketplace juga merupakan salah satu platform dengan pengunjung website cukup banyak di Indonesia.

 

Dengan hadir diplatform marketplace, strategi pemasaran bisnis online kalian akan lebih cepat dilihat pasar. Apakah hanya lebih cepat dilihat pasar saja? Tentu tidak, keuntungan lainnya seperti;

 

a. Banyaknya para pembeli

b. Sarana promosi tanpa dipungut biaya

c. Potensi market yang lebih luar

d. Aman bagi pembeli yang ingin order produk kalian

 

2. Memperbanyak Relasi Dan Jaringan

 

Strategi pemasaran bisnis online selanjutnya yaitu memperbanyak jaringan.

 

Hal ini harus kalian terapkan ke dalam strategi pemasaran bisnis online karena mempengaruhi penjualan online kalian. Karena dengan memperbanyak relasi serta jaringan kalian bisa menawarkan produk atau jasa dalam jangkauan yang luas, cobalah terlebih dahulu memperbanyak relasi dan jaringan mulai dari keluarga, masyarakat rumah, teman sekolah, organisasi, komunitas dan orang-orang yang berada di lingkungan kalian.

 

 

Apakah strategi pemasaran bisnis online dengan memperbanyak relasi dan jaringan sangat berpengaruh? Ya, tentu saja kalian dapat melihat beberapa fungsi relasi dalam bisnis online seperti;

 

 

a. Sebagai Partner, relasi dan jaringan sangat membantu kalian dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan bisnis kalian, temukan relasi yang saling menguntungkan.

b. Jangka Panjang, adanya jaringan yang baik kalian akan mendapatkan jaringan bisnis online dalam waktu cukup panjang.

c. Keperluan Ekspansi, relasi harus kalian tata dengan baik, jangan anggap mereka hanya partner saja, anggap sebagai keluarga kalian. Jangan selalu mengutamakan bisnis agar kalian mendapatkan relasi bisnis yang baik dan awet.

 

Baca Juga : Hati-Hati Bisnis Impor Boncos Gara-Gara Salah Manajemen Gudang

 

3. Mengikuti Trend

 

 

Untuk para pebisnis online tentu saja mengikuti trend adalah salah satu hal wajib dalam melakukan strategi pemasaran bisnis, karena kalian harus selalu update dalam mengikuti trend yang berganti dan viral setiap harinya. Perlu diingat juga, kalian harus memiliki seluruh media sosial untuk lebih update mengingat media sosial saat ini sudah banyak dijadikan wadah untuk pemasaran bisnis online.

 

Seperti salah satu contoh media sosial Tiktok, aplikasi dengan 800 juta lebih pengguna aktif saat ini tidak hanya sebagai media untuk membagikan video saja, Tiktok saat ini sudah menjadi sebagian strategi pemasaran bisnis online oleh para pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan mereka.

 

Tidak hanya melalui Tiktok adapun beberapa tools yang dapat kalian gunakan dan manfaatkan untuk meningkatkan penjualan seperti menambahkan beberapa trend;

 

a. Google Trend

Langkah pertama kalian masukan kata kunci yang ingin kalian cari

Step kedua lihat 'interest over time' untuk bisa memantau apakah beberapa topik masih trending

Selanjutnya kalian akan mendapatkan konteks tentang topil di 'related queries

 

b. Answerthepublic.com

Step pertama kalian masukan kata kunci yang saat ini ingin kalian cari

Selanjutnya udah terlebih dahulu lokasi menjadi 'Indonesia'

Step selanjutnya dapatkan konteks topik di 'releated queris.

Dari beberapa hal tersebut kalian harus tetap melihat target pasar yang kalian bidik ya!

 

4. Pasang Iklan Di Media Sosial

 

Strategi pemasaran bisnis online selanjutnya yaitu cobalah untuk memanfaatkan iklan. Kalian bisa mencoba pemasaran bisnis online dengan cara memasang iklan di Facebook, kenapa Facebook? karena Facebook memiliki pengguna yang banyak dan luas serta Facebook ads juga dapat menjangkau seluruh audiens kalian.

 

 

Tidak hanya itu saja, Facebook ads juga memiliki banyak format iklan untuk dipilih seperti;

 

a. Page Post Engagement

Cara bekerja page post ini kalian langsung menyebarkan foto, video, link, status dan lain sebagainya untuk mendapatkan engagement seperti comment, like, maupun share. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan reputasi pada produk kalian.

b. Click To Website

Hampir sama dengan point a , jenis iklan ini bekerja seperti tombol klik yang mengarahkan kalian ke website tertentu.

c. Website Conversion

Hal ini kalian dapat mengarahkan calon pelanggan untuk melakukan check out produk, registration atauoun leads.

d. Video ads

Objektive dari video ads ini kalian akan mendapatkan view dari video bisnis/jualan online yang kalian buat.

 

5. Membuat Content Marketing

 

Strategi pemasaran bisnis online selanjutnya yaitu membuat content marketing.

 

Beberapa teknik yang dijalankan pelaku bisnis online maupun offline dengan memberikan informasi yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalankan dengan konten relevan, penting dan konsisten.

 

 

Apakah kalian mengetahui apa yang dimaksud conten marketing? Content Marketing (Pemasaran Konten) adalah salah satu proses pemasaran dari kegiatan bisnis yang kalian jalankan saat ini dengan tujuan mendistribusikan konten yang menarik yang bisa melibatkan terget para konsumen.

 

Kalian dapat membuat content marketing seperti contohnya beberapa strategi dalam bentuk artikel, gambar, narasi, video dan lain sebagainya. Strategi pemasaran bisnis online yang satu ini dapat kalian gunakan juga diberbagai macam media sosial seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

 

Strategi pemasaran bisnis online ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk bisnis online kalian seperti;

 

a. Meningkatkan Traffic, para pelanggan akan menyukai ketika konten kalian sesuai dengan kebutuhan mereka, buatlah konten dengan tujuan meningkatkan traffic agar mendapatkan kepercayaan mereka terhadap produk yang kalian jual. Hal ini membuat traffic atau pengunjung ke bisnis kalian akan lebih banyak.

 

b. Visibilitas media yang cukup tinggi dalam mingkatkan penjualan.

 

c. Meningkatnya Brand Awareness, kalian dapat membuat contohnya seperti konten yang unik dan mempromosikan di media sosial, kalian dapat menciptakan lebih banyak peluang untuk para calon pelanggan baru.

 

Strategi pemasaran bisnis online untuk meningkatkan penjualan ini dapat kalian manfaatkan juga sebagai cara mendatangkan para pelanggan baru terhadap produk atau jasa yang kalian jual. Namun, terapkan juga evaluasi setiap melakukan strategi pemasaran bisnis online kalian ya!

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST