logo_ocistok

9 Barang Impor yang Sering Dicari di Indonesia, Apa Saja?

Berilian Ardi
March 6, 2023
Comments
https://ocistok.co.id/control-panel/foto/9 Barang Impor Yang Sering Dicari di Indonesia Apa Saja.png

Barang Impor

 

Pada umumnya barang impor adalah beberapa produk/barang yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri. Lembaga atau orang yang mengimpor suatu barang dari luar negeri disebut sebagai importir. Alasannya, karena mengimpor barang lebih menguntungkan.

 

Faktanya, keuntungan diperoleh karena harga barang impor lebih rendah dari harga barang yang diproduksi di dalam negeri.

 

Selain memiliki harga yang tergolong murah, kualitas barang impor juga bisa bersaing di pasar Indonesia, baik online maupun offline. Bukan rahasia lagi barang impor mampu memberikan cuan yang terbilang tinggi.

 

Hal ini tidak terlepas dari adanya perdagangan internasional bersama yang memungkinkan Indonesia mengimpor dan mengekspor barang dari negara lain. Barang yang diimpor rata-rata untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri ketika kelangkaan terjadi, peminat pasar yang banyak dan menjaga stabilitas.

 

Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan pada akhir tahun 2022 barang yang paling banyak diimpor mencapat lebih dari US$20 miliar. Dengan informasi tersebut, apakah kalian tertarik untuk mengimpor barang dan menjadikan bisnis yang berpotensi di Indonesia.

 

Lantas barang impor apa saja yang sering dicari di Indonesia? Simak artikelnya berikut ini;

 

1. Suku Cadang

 

barang impor

 

Barang impor yang pertama adalah suku cadang. Seperti yang banyak diketahui, tak sedikit kendaraan yang datang ke Indonesia dari berbagai negara lain. Brand ataupun merek yang diimpor pada dasarnya tidak diproduksi di Indonesia, karena belum ada pabrik. Maka dari itu, banyak barang yang diimpor dari negara lain ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan.

 

2. Beragam Produk Kimia

 

barang impor

 

Beberapa komponen rumah tangga membutuhkan beragam produk kimia, mulai dari yang aman digunakan, dikonsumsi sampai dijadikan sebagai racun. Diantaranya seperti sabun, pemutih, pembasmi serangga, pembersih lantai dan insektisida. Untuk yang mentahnya di bidang kimia seperti klorin, asam klorida (industri), merkuri, asam sulfat dan lain sebagainya.

 

Baca Juga : Pasar Yiwu Pusat Grosir Terbesar di China

 

3. Perangkat Fotografi, Medis, Sinematografi dan Optik

 

barang impor

 

Barang impor selanjutnya adalah beberapa barang seperti fotografi, medis, sinematografi &  optik. Beberapa barang ini tidak bisa dianggap rendah. Barang-barang ini memiliki banyak pilihan, seperti kamera digital, lensa, kacamata, jarum suntuk, stetoskop sampai beberapa kebutuhan medis yang tidak ada di Indonesia, USG, mesin cuci darah dan masih banyak lagi lainnya.

 

4. Fashion

 

barang impor

 

Selanjutnya adalah fashion. Fashion termasuk ke dalam permintaan pasar yang tegolong tinggi. Beberapa produk mungkin memiliki bahan yang kualitas yang sangat premium jika dibandingkan dengan bahan lokal. Bebebrapa barang yang bisa diimpor ke Indonesia seperti pakaian, tas, sepatu, celana, perhiasan dan lain sebagainya.

 

5. Barang-Barang Berbahan Plastik

 

barang impor

 

Coba perhatikan, barang-barang berbahan plastik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, mulai dari gelas, piring, ember sampai kotak penyimpanan. Selain itu, permintaan industri plastik di Indonesia terus meningkat. Tak heran, barang-barang berbahan plastik menjadi barang impor yang sering dicari di Indonesia.

 

6. Peralatan Elektronik

 

barang impor

 

Peralatan elektronik menjadi pemakaian umum di rumah kita. Seperti smartphone, televisi, radio, AC, speaker, komputer dan lain sebagainya. Kehadiran e-commerce juga mempermudah untuk menjual mapun membeli barang satu ini.

 

Baca Juga : 13 Alat Bantu Fotografi Ini Wajib Banget Dimiliki Fotografer, Bisa Untuk Usaha Juga!

 

7. Peralatan Mekanik dan Mesin

 

barang impor

 

Peralatan mekanik dan mesin termasuk barang impor yang sering dicari di Indonesia beberapa tahun terakhir sampai saat ini. Hal ini karena barang satu ini memiliki harga satuan yang terbilang tinggi. Tak heran nilai impornya terbilang mahal, biasanya barang ini digunakan pada perusahaan industri seperti alat potong, pengolah bahan kimia, mesin cetak dan lain sebagainya.

 

8. Suku Cadang

 

barang impor

 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, banyak kendaraan motor/mobil yang masuk ke Indonesia dari luar negeri. Kendaraan tersebut memang tidak diproduksi di Indonesia karena kurangnya pabrik dan peralatan. Maka dari itu, beberapa suku cadang atau spare parts masih terus di impor ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan.

 

9. Baja dan Besi

 

barang impor

 

Barang impor yang terakhir ini masih cukup tinggi di bidang industri. Kebutuhan baja dan besi dapat digunakan untuk beberapa bahan alat berat dan sebagian alat rumah tangga maupun infrastruktur.

 

Baca Juga : Kenali Apa Itu Supplier? Pengertian, Tugas Jenis dan Pentingnya Dalam Usaha

 

Nah, itulah beberapa barang impor yang sering dicari di Indonesia, kalian bisa menjadikan barang-barang tersebut sebagai peluang bisnis atau peluang usaha dengan menjualnya kembali. Kalian bisa mendapatkan beberapa barang tersebutnya langsung dari supplier dan pabrik di China. Kalian bisa langsung mengunjungi website Ocistok.com

 

Semua barang untuk kebutuhan usaha pasti ketemu! Kalian bisa langsung menghubungi Official WhatsApp Ocistok di ğŸ“ž0812-1000-1808 .

Yuk mulai usaha produk import dan raih keuntungan kalian bersama Ocistok.com!

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST