logo_ocistok

Alasan dan Manfaat Import Barang yang Wajib Kamu Ketahui

Aris Akbar
October 20, 2023
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Alasan-dan-Manfaat-Import-Barang-yang-Wajib-Kamu-Ketahui.png

Import Barang

 

Apa yang dimaksud dengan proses import? Membeli barang dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam negeri atau kegiatan memasarkan barang dari daerah pabean untuk kebutuhan bisnis dalam negeri. Proses perdagangan yang dilakukan dengan memasukan barang dari luar negeri ke dalam negeri dengan syarat mematuhi peraturan undang-undang yang berlaku.

 

Seperti contoh mudahnya, Indonesia kekurangan barang seperti spare part kendaraan, maka harus mendatangkan barangnya dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan sparepart dalam negeri.

 

Proses pendampingan oleh bea cukai harus tetap diikuti hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia. Selain itu, negara memiliki alasan untuk terus berhubungan baik dengan negara lainnya, seperti halnya negara China. Salah satu kegiatan import yang banyak dilakukan di Indonesia. Tujuan umumnya untuk memperkuat neraca pembayaran dan mengurangi keluarnya devisa ke luar negeri.

 

Nah, beberapa penjelasan singkat mengenai import sudah kalian ketahui, selanjutnya alasan dan manfaat apa sih yang kita dapat dalam import barang? Simak ulasannya berikut ini;

 

 

Alasan Import

 

import barang

 

Beberapa alasan pebisnis atau masyarakat ingin import barang dari China ke Indonesia;

 

1. Keterbatasan Stok Dari Penjual Lokal

Nggak sedikit para pelaku bisnis di Indonesia, seperti reseller, importir, supplier lokal, umkm dan lainnya mendapatkan barang mereka secara import.

 

Hal ini karena stok barang yang terbatas, contohnya ada barang yang laku banget di toko kita, selalu ada order setiap harinya, kemudian kita ambil terus dari supplier tersebut. Sedangkan supplier tersebut sudah tidak ada stok dan tidak hanya memiliki 1 customer yaitu kalian saja. Alhasil, orderan tadi akan kalian cancel karena tidak memiliki stok yang cukup. 

 

Baca Juga : Pengenalan Jasa Import Ocistok.com, Aman dan Terpercaya

 

Hal ini sangat mempengaruhi algoritma penjualan kalian, maka dari itu alasan harus import karena supplier import China miliaran dan nggak hanya 1 atau 2 supplier saja. Untuk menemukan kebutuhan kalian, kalian bisa langsung akses gratis Ocistok.com, kalian bisa menemukan miliaran Supplier Tangan Pertama Terpercaya dan Pabrik dari China.

 

2. Margin Profit yang Kecil

Supplier lokal mendapatkan barangnya dari grosir kemudian grosir mungkin dapat dari distributor. Lalu, distributor dapat barangnya dari mana? Ujung-ujungnya sudah pasti "import dari China". Kemudian, dari distributor tersebut akan menaikan harga ke grosir, begitu juga grosir ke para supplier lokal dan supplier lokal ke para audiens. Profitnya semakin kecil bukan?

 

Maka dari itu, karena profit yang kecil para pelaku bisnis, reseller lokal dan masyarakat memilih import karena langsung dari tangan pertama, kalian bisa mencari dan memilih produk yang kalian butuhkan tanpa adanya tangan kedua, ketiga dan lainnya. Untuk lebih mudahnya, kalian bisa langsung konsultasi kebutuhan kalian melalui whatsapp Ocistok.com di 0812-1000-1808.

 

3. Perang Harga di Marketplace Lokal

Banyaknya reseller yang ada atau kompetitor, tentu akan memicu yang namanya perang harga. Sedangkan profit margin yang kita dapatkan tidak terlalu tinggi, bagaimana bersaing harga? Belum lagi bayar iklan?

 

Dari perang harga ini, tidak sedikit para reseller dan pebisnis merasa bingung. Solusinya, mendapatkan produk import langsung dari sumbernya. Produk import siap bersaing di pasar Indonesia dengan kualitas yang baik. Selain itu, barang yang unik menjadi nilai tambah untuk mengatasi perang harga, alias barang yang berbeda dari para kompetitor.

 

4. Peluang Profit yang Tinggi

Alasan selanjutnya yaitu profit yang tinggi. Peluang bisnis import China terbilang tinggi karena semua barang yang kalian beli untuk kebutuhan bisnis pasti ada. Contohnya marketplace terbesar dan terpopuler di China seperti 1688 dan Taobao. Kalian bisa akses semuanya dan sudah berbahasa Indonesia di website Ocistok.com.

 

 

5. Mendatangkan Barang Unik dan Baru

Miliaran produk unik dan trend bisa kalian temukan. Kemungkinan besar barang import yang kalian temukan belum banyak yang jual di Indonesia, hal ini sangat menguntungkan karena masih kecilnya kompetitor.

 

Manfaat Import Barang dari China ke Indonesia

 

import barang

 

Secara menyeluruh, manfaat dari kegiatan import sendiri adalah bagaimana suatu negara mendapatkan bahan baku, jasa produk dengan jumlah terbatas dan barang-barang yang masih belum bisa diproduksi. Hal ini membantu secara tidak langsung mendukung stabilitas suatu negara.

 

Baca Juga : Supplier Barang Import Aman, Terpercaya dan Handal Untuk Pelaku Usaha

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST