logo_ocistok

Apa Itu Grosir? Pengertian, Jenis dan Perbedaan Dengan Eceran

Berilian Ardi
April 10, 2023
Comments
https://ocistok.co.id/control-panel/foto/apa itu grosirrrr.png

Pengertian Grosir

 

grosir

 

Jika kita evaluasi mengenai tingkatan penjualan, tentu kalian akan diperkenalkan dengan istilah grosir. Grosir adalah pembelian atau penjualan dalam skala besar, yang dilakukan kepala pihak reseller atau retail.

 

Dengan begitu, para pelaku usaha saat ini sedang dalam proses menjadi tahap reseller karena memungkinkan mendapatkan harga yang lebih murah dari pada harga eceran. Maka dari itu, untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut ini.

 

Jenis- Jenis Grosir

 

grosir

 

Dalam dunia bisnis, terdapat beberapa jenis pedagang grosir. Ada tiga jenis grosir yang berbeda berdasarkan luas daerah, jenis produk yang dijual dan kegiatannya. Yuk simak penjelasannya dibawah ini:

 

Baca Juga : Kenali Apa Itu Supplier? Pengertian, Tugas Jenis dan Pentingnya Dalam Bisnis

 

1. Jenis Grosir Berdasarkan Produk yang Dijual

 

Berdasarkan produk yang dijual, pedagang grosir masih dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

 

  • The General Line Wholesaler

Pedagang grosir yang menjual berbagai macam produk. Beberapa pedagang grosir masih sering memilih lini tertentu seperti contohnya baham makanan, tekstil, alat listrik dan lain sebagainya. Mereka akan menjual berbagai macam produk yang akan mereka pilih.

 

  • The Specialist Wholesaler

Sama seperti namanya, pedagang grosir satu ini hanya mejual produk tertentu saja. Mengkhususkan pada produk terbatas dan tidak melakukan stok berbagai produk dagangan. Seperti contohnya jika menjual produk makanan, hanya menyimpan beberapa saja atau spesialisasi, yang mengetahui secara lengkap tentang produk yang dijual.

 

2. Jenis Grosir Berdasarkan Kegiatan Lapangan

 

  • Dropshipper

Secara umum, drosphipper dapat di artikan sebagai suatu aktivitas penjualan serta pengiriman produk langsung dari produsen ke pembeli. Tidak melakukan stok produk. Jadi, pedagang grosir satu ini membeli prouk yang dijual, tetapi tidak selalu menyimpan, menangani dan mengirimkan.

 

  • Manufacture Wholesales

Jenis grosir satu ini melakukan segala aktivitas penjualan produk dagangan khusus pemasok keperluan industri.

 

  • Truck Wholesaler

Pedagang grosir yang di khususkan untuk mengirim produk seperti contohnya cemilan, alat mandi, makanan siap saji dan lain sebagainya yang dapat di simpan di dalam box/truck.

 

  • Cash Wholesaler

Pedagang grosir ini melakukan aktivitas penjualan produk dengan pembayaran tunai tidak bisa menggunakan layanan antar produk ke para konsumen.

 

Baca Juga : Kenali Apa Itu Distributor, Tugas, Fungsi, Jenis dan Contohnya

 

3. Jenis Grosir Berdasarkan Daerah Usaha

 

Jenis grosir satu ini jika kita lihat dari luasnya, dibagi menjadi:

 

  • Pedagang Grosir Internasional

Pedagang grosir ini bergelut dalam dunia impor dan ekspor. Beberapa dari pedagang mungkin hanya berurusan dengan impor saja maupun ekspor saya, ada juga yang menangani kedia jenis pedagangan tersebut.

 

Prosesnya seperti menyimpan produk impor dari berbagai negara kemudian menyimpan di gudang mereka. Kemudian dikirim ke pengecer yang berbeda-beda.

 

  • Pegadang Grosir Nasional

Jenis pedagang grosir satu ini mempunyai toko yang luas di daerah pemasaran. Memiliki kantor pusat dan gudang yang tersebar jauh dan luas.

 

  • Pedagang Grosir Daerah

Memiliki luas daerah pemasaran untuk berbagai wilayah di dalam suatu provinsi maupun negara bagian tertentu saja. Beberapa kasus juga memperluas operasi ke berbagai negara terdekat.

 

  • Pedagang Grosir Lokal

Pedagan grosir lokal memiliki luas daerah dalam satu wilayah atau kota tertentu saja, seperti kabupaten, kelurahan, kotamadya dan lainnya. Penjualan juga berfokus pada pengecer lokal saja.

 

Perbedaan Grosir Dengan Eceran

 

grosir

 

Faktanya, grosir adalah menjual dalam jumlah yang banyak, sedangkan eceran atau retail memiliki arti menjual produknya dalam satuan.

 

Baca Juga : Mengapa Kalian Harus Belanja di 1688 Indonesia

 

Para pihak grosir membeli produknya langsung dari produsen. Karena pembelian dalam jangka panjang langsung dari produsen para pembeli akan mendapatkan harga yang terbilang lebih rendah.

 

Jika eceran, cendrung membei dari pihak grosir dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga pabrik kemudian menjual secara satuan dengan harga grosir langsung ke konsumen.

 

Nah, berikut itulah mengenai penjelasan mengenai apa itu grosir, pengertian jenis dan perbedaannya dengan eceran. Jika kalian ingin membeli produk dengan jumlah banyak untuk kebutuhan bisnis/usaha, kalian bisa menemukan miliaran produk import langsung dari Pabrik & Supplier Tangan Pertama di Ocistok.com.

 

Platform belanja import China, dimana Customer bisa langsung mencari dan memilih barang dari Pabrik & Supplier China Tangan Pertama di website OCISTOK.COM.

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST