logo_ocistok

Apa Saja Yang Di Handle Oleh Jasa Import Undername

Aris Akbar
November 9, 2021
Comments
https://control-panel.ocistok.com/control-panel/foto/Apa Saja Yang Di Handle Oleh Jasa Import Undername.png

Jasa import undername dapat diartikan secara umum yaitu jenis usaha yang memberikan jasa seperti izin import perusahaan kepada perorangan atau kelompok yang ingin mengimpor barang namun tidak memiliki izin import. Perusahaan jasa import undername memiliki tugas dengan proses masuknya barang import ke wilayah kepabeanan di dalam negeri dan tentu saja jasa import undername harus memiliki izin proses import.

 

Kegiatan ini dianggap legal sepanjang tidak melanggar aturan di kepabeanan atau pemerintah dan tidak melakukan proses barang import yang tidak di izinkan masuk ke wilayah Indonesia. Jika hal ini terjadi, maka sanksinya sangat berat. Lalu, apa saja yang di handle oleh jasa import undername?

 

A. Beberapa pekerjaan jasa import undername pada umumnya meliputi;

 

a. Menyelesaikan kegiatan di kepabeanan seperti pembuatan e-billing, PIB, pajak. Kemudian, memproses untuk customs clearance import jika terdapat masalah di kepabeanan untuk menghubungi dengan kalian si pemilik barang.

 

b. Melakukan pemeriksaan terhadap dokumen dari luar negeri atas nama undername import, seperti beberapa dokumen invoice, atiga form, bill of landing, packing list dan dokumen-dokumen pendukung import lainnya.

 

c. Apabila proses custom import sudah selesai makan jasa import undername akan melakukan pengiriman barang ke gudang importir atau pemilik barang sebenarnya.

 

 

d. Menerima sewa untuk kegiatan dari pemilik barang.

 

e. Jika proses sudah selesai semua, makan jasa import undername akan menerima pembayaran yang telah di sepakati.

 

Terdapat jalur-jalur tertentu yang perlu kalian ketahui untuk memahami detail jasa import undername. Jalur pengeluaran barang import dalam bisnis terbagi 3, yaitu;

 

1. Jalur Hijau

Seluruh barang import akan dihapus di wilayah kepabeanan dan dapat langsung diambil oleh pelanggan setelah proses dokumen telah selesai. Jalur ini adalah metode sederhana yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

 

2. Jalur Merah

Jalur ini mengharuskan barang import disimpan sementara di kepabeanan. Barang-barang import akan dibongkar dan diperiksa oleh otoritas pabean. Jelasnya, jalur ini akan memakan banyak waktu karena memungkinkan terdapatnya barang import yang bermasalah.

 

3. Jalur Kuning

Jalur kuning adalah jalur tengah dibandingkan dengan Jalur Merah dan Jalur Hijau. Dimulai dari barang tersebut sampai di pabean dan sebelum barang tersebut dilepaskab. Perusahaan jasa import undername harus membuat dokumen yang sesuai dengan jenis barang yang diimport. Setelah proses selesai, produk dapat dikemas dan didistribusikan sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh pabean.

 

Baca Juga : Supplier Case Hp Tangan Pertama dan Terpercaya Untuk Usaha - Import

 

B. Informasi Umum Tentang Jasa Import Undername

 

Sebelum melakukan pengiriman barang. Perusahaan yang meminjam namanya akan melakukan konfirmasi kepada penjual/supplier/pengirim di negara lain tentang perusahaan yang akan dipinjam namanya, serta konfirmasi di negara tersebut tentang perusahaan yang akan diganti namanya selama pengiriman.

 

Setelah supplier memastikan bahwa tidak ada masalah, kalian harus mengkonfirmasi rincian dokumen pengiriman, seperti faktur/invoice, daftar pengepakan/packing list, bill of lading, dan sebagainya. Setelah itu, kalian harus mengkonfirmasi kepada jasa import undername untuk memulai proses import. Jika semuanya beres, proses pengiriman barang ke Indonesia bisa dimulai.

 

Setelah barang tiba di pelabuhan Indonesia. Freight forwarder akan memperbarui dokumen untuk bea cukai secara berkala menggunakan sistem Electronic Data Interchange (EDI). Sistem ini mengharuskan pengirim membayar bea ke bank setelah menyelesaikan dokumen untuk import ke Bea Cukai dengan menggunakan dokumen pendukung.

 

Baca Juga : Distributor Alat Listrik Import Terlengkap Untuk Usaha

 

Demikianlah terkait pembahasan mengenai apa saja yang di handle oleh jasa Import undername, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cara import semudah kalian berbelanja di Marketplace Indonesia, kalian bisa langsung menghubungi Customer Service Ocistok.com via WhatsApp di 0812-1000-1808. Mulai bisnis Import kalian sekarang!

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST