logo_ocistok

5 Aplikasi Pembayaran Digital untuk Bisnis yang Aman Digunakan

Berilian Ardi
April 25, 2024
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Aplikasi-Pembayaran-Digital-Hero.png

Menurut CEO Wendy’s, Dave Thomas, kesuksesan bisnis bisa dicapai melalui tiga langkah sederhana, salah satunya adalah memahami customer. Dengan perubahan perilaku transaksi mereka, salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah memanfaatkan aplikasi pembayaran digital. Kok, bisa?

 

Studi Deloitte pada 2021 menemukan bahwa 63% customer lebih memilih untuk transaksi dengan yang menawarkan opsi pembayaran digital. Hal ini menunjukkan bahwa kamu sebagai business owner jika ingin tetap kompetitif perlu menyediakan aplikasi pembayaran digital.

 

Dalam konteks ini juga, pertanyaannya bukan lagi seberapa penting aplikasi pembayaran digital bagi bisnis, melainkan bagaimana memilih aplikasi yang mudah dan aman digunakan? Berikut 5 aplikasi pembayaran digital untuk bisnis!

 

1. Paper.id

 

aplikasi pembayaran digital

 

Paper.id merupakan aplikasi solusi pembayaran digital untuk bisnis yang menyajikan sejumlah fitur menarik untuk menyederhanakan proses penagihan dan pembayaran. Aplikasi sekaligus platform invoicing ini juga sangat cocok digunakan oleh jenis bisnis skala kecil atau besar.

 

Paper.id juga sangat aman digunakan lantaran sudah bekerja sama dengan lembaga sistem keamanan dan memperoleh sertifikasi keamanan informasi, yaitu ISO 27001 atau Information Management Security Sistem.

 

Tidak hanya itu, aplikasi pembayaran digital satu ini sudah menggunakan sistem keamanan untuk melindungi data sensitif saat ditransmisikan melalui jaringan. Makanya, dipastikan data dan informasi transaksi kamu disimpan dengan aman dan tidak bisa diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Menariknya, Paper.id menyediakan berbagai metode pembayaran sehingga kamu tidak perlu menyediakannya satu per satu dan bisa langsung rekonsiliasi dari invoice yang kamu buat, seperti transfer bank, kartu kredit, Virtual Account, E-Wallet, QRIS, hingga marketplace. Jadi, kamu memberikan kebebasan ke customer sesuai dengan preferensi mereka sendiri.

 

Kamu juga bisa gunakan fitur payment reminder atau pengingat pembayaran, kamu bisa berikan pengingat otomatis kepada customer untuk invoice kamu yang belum terlunasi melalui Email, WhatsApp, dan SMS.

 

Atau kamu punya banyak invoice yang harus dibayar sekaligus? Tenang, Paper.id menyediakan juga fitur bulk payment. Kamu bisa melakukan pembayaran ke banyak supplier atau mitra bisnis dengan lebih praktis tanpa harus menghabiskan waktu banyak waktu.

 

Bagaimana, menarik bukan? Yuk, daftarkan segera bisnis kamu sekarang dan nikmati fitur-fitur yang ditawarkan Paper.id dengan cara klik tombol di bawah ini secara gratis.

 

 

2. Paystand

 

Sama halnya dengan Paper.id, Paystand adalah aplikasi pembayaran B2B (Business-to-Business) yang menyediakan beragam fitur untuk mempermudah proses penerimaan dan pembayaran.

 

Soal keamanan, Paystand menggunakan kontrol akses yang ketat untuk membatasi akses ke data akun kamu. Selain itu, aplikasi asal Amerika Serikat ini juga sudah menggunakan teknologi canggih yang akan terus memantau transaksi untuk mencegah aktivitas mencurigakan.

 

Sayangnya, lantaran Paystand berasal dari luar negeri, aplikasi pembayaran ini kurang cocok bagi pebisnis pemula, terlebih yang memiliki keterbatasan kemampuan berbahasa inggris. Hal ini mungkin akan menyulitkan kamu dalam memahaminya secara langsung.

 

3. Verto Pay

 

Verto Pay adalah aplikasi pembayaran yang memfasilitasi penerimaan dan pengiriman pembayaran secara global melalui satu platform. Sesuai yang diungkapkan dalam tagline-nya, aplikasi ini bertujuan untuk "menghubungkan bisnis dari berbagai jenis dan lokasi mana pun".

 

Sesuai temuan di Google Play, untuk keamanan, Verto Pay mengklaim mereka tidak membagikan data kamu sebagai pengguna kepada pihak ketiga. Selain itu, mereka menggunakan enkripsi data saat melakukan transaksi.

 

Kendati demikian, sangat disayangkan bahwa informasi detail mengenai standar dan pengujian keamanan Verto Pay ini masih terbatas. Untuk transaksi bisnis yang sensitif, sebaiknya pertimbangkan aplikasi lain yang memiliki rekam jejak keamanan yang mapan.

 

4. Venmo

 

Venmo merupakan aplikasi pembayaran digital yang memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk dengan cepat dan mudah mengirim serta menerima uang. Aplikasi ini juga tersedia secara mobile baik di Android maupun iOS, sehingga bisa digunakan kapanpun dan dimanapun dalam genggaman.

 

Jangan diragukan lagi soal keamanannya, sebagai aplikasi pembayaran digital yang populer, semua data sensitif kamu seperti keuangan, kata sandi, riwayat pengguna maupun customer, akan dienkripsi sebelum disimpan.

 

Sama halnya dengan Paper.id, kamu diharuskan memasukkan kode verifikasi dari perangkat yang digunakan pada saat login. Sayangnya, karena Venmo ini dibangun sebagai aplikasi pembayaran peer-to-peer, aplikasi kini kurang cocok digunakan sebagai solusi pembayaran antar bisnis.

 

5. Square

 

Square adalah sebuah aplikasi pembayaran yang memfasilitasi penerimaan pembayaran dari pelanggan melalui berbagai metode, termasuk kartu kredit, kartu debit, dan uang tunai. Aplikasi ini juga sudah bisa diakses melalui perangkat Android dan iOS.

 

Pusat data Square diaudit secara teratur oleh perusahaan keamanan pihak ketiga untuk memastikan kepatuhan terhadap standar keamanan terketat. Selain itu, mereka juga sudah menggunakan akses yang ketat untuk membatasi akses data kamu sebagai pengguna.

 

Sayang sekali, Square hanya tersedia di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Inggris. Aplikasi ini belum tersedia di Indonesia sehingga bisa menyulitkan bisnis lokal yang berfokus beroperasi di Indonesia.

 

Baca Juga: Biar Bisnis Makin Lancar, Begini Tips Memilih Kartu Kredit Bisnis yang Tepat!

 

Demikianlah 5 aplikasi pembayaran digital untuk bisnis yang aman digunakan. Dalam memilih aplikasi pembayaran digital, tentu kamu perlu menyesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan bisnis seperti apa, apakah hanya membutuhkan aplikasi dasar saja? Atau yang sudah terintegrasi dengan fitur bisnis lainnya?

 

Sebelum memutuskan keputusan akhir, coba untuk pahami dengan cermat setiap detail, termasuk fitur, biaya-biaya terkait, kekurangan dan kelebihannya yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi. Jadi, aplikasi seperti apa yang akan kamu gunakan?

 

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Ocistok

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST