logo_ocistok

Beberapa Tips Psikologi Harga Untuk Bisnis Online

Berilian Ardi
June 9, 2021
Comments
Psikologi Harga

Psikologi Harga

Sudah tidak asing lagi bahwa banyak pebisnis di Indonesia yang menggunakan teknik psikologi harga untuk mendukung bisnis online mereka. Tips psikologi harga ini adalah sebuah teknik yang dimana suatu pelanggan merasa bahwa harga yang ditawarkan oleh suatu bisnis terasa lebih murah dari harga sebelumnya.

Maka dari itu, sangat diperlukan bagi para pelaku bisnis untuk menggunakan teknik psikologi harga dalam bisnis online mereka. Berikut beberapa tips psikologi harga untuk bisnis online kalian;

Baca Juga : Daftar Supplier Baju Import Tangan Pertama

1. Product Bundling atau Penggabungan Beberapa Barang

Tips psikologi harga yang pertama yaitu product bundling.

Psikologi Harga

Kita pasti sering melihat promosi bundling atau penggabungan beberapa barang, Produk Bundling bisa diartikan sebagai pengelompokan satu atau beberapa produk dimana pelanggan hanya membayar satu harga saja.

Seperti contoh perusahaan KFC, pernahkah kalian mendapatkan sebuah CD musik saat membeli salah satu paketnya dan pernahkah kalian mendapatkan bonus anti gores saat membeli handphone baru? Nah, Kedua contoh itu bisa dibilang sebagai product bundling. Kamu bisa coba teknik psikologi ini kepada calon pelangganmu.

 

2. Mengganti Diskon 50% Dengan Buy 1 Get 1 Free

Tips psikologi harga yang kedua yaitu Buy 1 Get 1 Free.

Teknik Buy 1 Get 1 Free ini sangat sering digunakan oleh para pebisnis dalam usahanya, mengapa mengemasnya dalam Buy 1 Get 1 Free? Bukan diskon 50%?

Psikologi Harga

Penjelasannya sangat singkat, Buy 1 Get 1 Free lebih menguntungkan pebisnis karena pelanggan harus membeli 2 produk untuk mendapatkan promosi harga. Kalau diskon 50%, pelanggan dapat menikmati setengah harga hanya mendapatkan 1 produk saja.

Selain itu, promo Buy 1 Get 1 Free bisa menjadi daya tarik yang lebih efektif dibandingkan diskon 50%. Dalam sebuah survey terpisah, 95 persen pelanggan mengatakan bahwa mereka lebih untung jika membeli produk yang terpampang promo beli satu gratis satu.

 

 

3. Gunakan Harga Yang Tidak Berguna atau Efek Umpan

Tips psikologi harga yang terakhir yaitu efek umpan.

Psikologi Harga

Pernahkah kalian mendengan istilah “Efek umpan” dalam sebuah bisnis, istilah ini tidak asing dalam para pebisnis, sebuah artikel yang dibuat oleh seorang pakar konversi bernama Jeremy Smith melakukan contoh sebuah popcorn yang biasa dijual cinema bioskop. Seringkali kita melihat terdapat harga yang dimunculkan seperti Rp 25ribu untuk popcorn sedang dan Rp 35ribu untuk popcorn besar.

Kebanyakan pelanggan akan membeli popcorn berukuran sedang dengan harga Rp 25ribu. Kenapa bisa ? pelanggan akan berfikir tidak benar-benar membutuhkan popcorn besar, namun keputusan pembelian akan berubah saat melihat opsi ketiga ini;

Popcorn kecil - Rp 15ribu
Popcorn sedang - Rp 25ribu
Pocorn besar - Rp 30ribu

Nah, berikut itulah beberapa tips psikologi harga untuk bisnis online yang bisa kalian terapkan, semoga bisnis online kalian bisa banjir orderan ya!

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST