logo_ocistok

Cara Menjadi Importir Pemula Agar Sukses Dalam Bisnis

Berilian Ardi
June 28, 2023
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Cara-Menjadi-Importir-Pemula-Agar-Sukses-Dalam-Bisnis.png

Mungkin sulit memulai bisnis impor mulai dari titik terendah, namun bukan berarti tidak mungkin untuk pemula bisa sukses. Untuk memulai menjadi importir pemula agar tidak gagal, kalian dapat mempelajari lebih banyak hal mengenai import.

 

Mengapa Harus Menjadi Importir?

 

Pesatnya pertumbuhan teknologi dan globalisasi telah mempercepat industri eksport-import di Indonesia. Saat ini para pelaku bisnis sudah banyak yang menjadi importir dalam skala kecil seperti bisnis rumahan dan skala besar seperti menjadi perusahaan.

 

Mengapa harus menjadi importir, dari sisi keuntungan finansial, importir saat ini terbilang menguntungkan karena dilatarbelakangi oleh tingginya dan kepercayaan masyarakat Indonesia untuk membeli produk import.

 

Meski cukup banyak kompetitor di Indonesia, faktanya bisnis import belum menunjukan tanda-tanda penurunan lho. Mungkin juga semakin naik seperti sekarang ini karena akses internet yang semakin canggih.

 

 

Lalu, bagaimana cara menjadi importir pemula? Ingin mengetahuinya lebih lanjut? Yuk baca sampai selesai ulasan Ocistok di bawah ini!

 

1. Menyiapkan Produk yang Ingin Diimport

 

Cara menjadi importir pemula yang pertama adalah menyiapkan atau menentukan produk yang ingin di import. Sebelum menjadi importir, kalian harus memahami pasar yang menjadi tujuan atau sasaran kalian. Masalah ini terkait dengan daya beli konsumen. Memaksimalkan segmentasi produk, dapat meningkatkan profit yang pada akhirnya mendapatkan keuntungan maksimal.

 

2. Menentukan Negara Untuk Import Produk

 

Seperti yang kita ketahui, contohnya negara China. Kalian harus memahami kiranya negara mana yang cocok untuk memulai bisnis kalian. Seorang importir harus memahami proses pengiriman produk dari negara lain karena mempengaruhi harga barang dan potensi keuntungan yang dapat direalisasikan dalam waktu lama.

 

Selain itu, kalian harus memahami Harmonized Commodity Description and Coding System yang sering disebut dengan “HS Code” yaitu kode barang import yang tercantum dalam Buku Tarif Indonesia (BTKI). "Biaya Bea Masuk" PPH dan PPN.

 

Baca Juga : Marketplace China Termurah Dan Terbaik Untuk Belanja

 

3. Memahami Prosedur Pengiriman Produk

 

Cara menjadi importir pemula agar sukses dalam bisnis adalah memahami prosedur pengiriman produk. Memahami proses satu ini perlu diketahui importir, karena Indonesia memiliki regulasi yang khusus untuk import barang melalui Kementerian Perdagangan. Memahami prosedur import, proses pengiriman produk akan mudah sampai ke tujuan dan mengetahui bea cukai yang dikenakan terhadap barang import apa saja.

 

4. Bergabung Dengan Komunitas Import

 

Biasanya untuk gabung ke berbagai komunitas import ada biaya yang harus dikeluarkan, namun pilihlah komunitas umum yang memang gratis dan memiliki member lebih dari 30 ribu. Namun, perhatikan juga beberapa importir yang ada, beberapa terkadang ada penipu yang ikut bergabung.

 

Untuk tujuan bergabung dengan panitia, kalian bisa memastikan kredibilitas organisasi dengan berbicara dengan anggota yang telah bergabung terlebih dahulu dan bertukar pengalaman.

 

5. Menyiapkan Dokumen dan Perizinan

 

Cara yang terakhir ini kalian perlu mengurus pengurusan dokumen import dan perizinan. Menyertakan dokumen-dokumen sebagai importir legal dan sah serta aman. Aturan ini diatur dalam peraturan di Indonesia yang menyatakan bahwa seluruh importir wajib registrasi kepabeanan.

 

Nah, berikut itulah beberapa cara menjadi importir pemula agar sukses dalam bisnis. Jika kalian masih bingung dan ingin fokus memulai bisnis tanpa perlu melakukan hal-hal di atas, kalian bisa mengunjungi website Ocistok.com!

 

Baca Juga : Kupas Kuntas OEM (Original Equipment Manufacturer) Dalam Bisnis

 

Ocistok.com adalah pusat grosir onlin  dimana Customer bisa langsung mencari dan memilih barang langsung dari sumber tangan pertama di Aplikasi dan Website Ocistok.com. Semua kebutuhan produk atau barang dagangan yang kalian butuhkan pasti ketemu.

 

Pembayaran di Ocistok.com sudah sangat aman dan mudah. Semua channel pembayaran telah tersedia di Ocistok.com, seperti melalui perbankan BRI, BCA, Mandiri, BNI, PermataBank, Visa dan channel pembayaran lainnya seperti melalui Alfamidi, Alfamart, GOPAY, ShopeePay, OVO, DANA dan LinkAja.

 

Ocistok juga sudah mengurus semua legalitas dan menaati segala peraturan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Jadi, tidak perlu ada keraguan dan khawatir untuk mulai order.

 

Apakah bisa visit ke kantor Ocistok? Tentu saja! Alamat kantor resmi Ocistok beralamat di Gedung Wisma IWI Jl. Arjuna Sel. No.75, Lt. 7, RT.2/RW.12, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530.

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST