logo_ocistok

Cara Mudah Riset Produk Untuk Jualan Online

Aris Akbar
October 23, 2021
Comments
https://ocistok.co.id/control-panel/foto/Cara Mudah Riset Produk Untuk Jualan Online.png

Mau usaha online kalian laku keras? kalian harus mengenal pertempuran bisnis dengan melakukan riset produk. Jadi, kalian bisa mengetahui apakah produk online kalian memiliki banyak kompetitor atau harga produk yang kalian jual terlalu mahal untuk menarik pelanggan.

 

Hal ini merupakan langkah yang sangat penting dilakukan agar kita memahami produk apa saja yang dibutuhkan masyarakat dan seberapa besar keuntungan yang didapat jika dijual.

 

Dengan mengetahui cara riset produk terhadap produk online yang akan kalian jual, kalian dapat melihat beberapa potensi pasar yang paling signifikan untuk produk tersebut, serta tren penjualannya saat ini, dan kalian akan dapat memprediksi bagaimana tren produk online yang akan berkembang selama beberapa bulan ke depan.

 

Baca Juga : Pasar Yiwu Pusat Grosir Terbesar di China

 

A. Apakah Cara Riset Produk Penting Untuk Jualan Online?

 

Tentu, riset produk dapat diartikan secara umum sebagai proses melakukan pencarian Informasi mengenai produk bisnis, baik online maupun offline, baik dari segi kualitas, harga dan persaingannya. Tujuannya, kalian akan mengetahui dan mengembangkan produk yang akan dijual.

 

Cara riset produk

 

Riset produk adalah proses mencari informasi tentang suatu produk business, baik dari harga, kualitas, dan persaingannya. Tujuannya, Anda dapat tahu yang product yang akan dijual, as well as cara terbaik untuk menjual dan mengembangkan produk ini.

 

Jika dipersingkat, cara riset produk bertujuan untuk;

 

1. Melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor.

2. Potensi laku tidaknya produk atau layanan yang kalian pasarkan.

3. Cara terbaik untuk mengembangkan produk.

 

Lalu apakah penting melakukan riset produk untuk jualan online? Penting sekali.

 

 

Dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan dari cara riset produk, kalian dapat merancang strategi pemasaran online yang efektif.

 

Dalam melakukan riset produk yang baik, kalian dapat menghindari kerugian. Karena kalian akan lebih memahami kebutuhan konsumen serta kalian dapat menjual produk yang mereka butuhkan. Selain itu, kalian akan lebih mengerti bagaimana harus berinteraksi dengan penjual lain.

 

Misalnya kalian ingin menjual pisau dapur. Kalian bisa riset terlebih dahulu apakah menjual pisau dapur cukup tinggi. Dengan melakukan riset produk ini, kalian akan tahu apakah pelanggan membutuhkan pisau dapur atau tidak. Lebih spesifiknya, kalian akan mengetahui model pisau dapur apa yang paling diminati beserta kisaran harganya, target dan konten iklan.

 

Baca Juga : Rekomendasi Grosir Sepatu Import Harga Murah Untuk Bisnis

 

B. Cara Mudah Riset Produk Untuk Jualan Online

 

1. Riset Keyword di Google

 

Cara riset produk yang pertama yaitu riset keyword.

 

Metode ini sangat sederhana, cepat, dan akurat. Kalian dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk mendapatkan data tentang berapa banyak orang yang mencari produk yang kalian coba jual dalam waktu singkat.

 

Layanan ini juga akan memberikan berbagai referensi kata kunci yang biasa digunakan para pelanggan untuk melakukan pencarian. Jika kalian tidak memiliki informasi tentang produk yang kalian akan jual, itu bukan pertanda baik.

 

Google akan memberikan informasi lebih lanjut tentang kata kunci yang sering digunakan oleh para pelanggan. Ini dapat berfungsi sebagai petunjuk bagi kalian untuk mempertimbangkan membeli suatu produk.

 

Cara riset produk

 

2. Survey Produk Di Marketplace

 

Cara riset produk kedua adalah survey produk.

 

Beberapa situs Marketplace populer di Indonesia adalah Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan Shopee. Biasanya di marketplace tersbut sudah tersedia produk apa saja yang paling laris. Seperti produk yang terjual dari 400 produk dalam 1 hingga 2 minggu.

 

Agar lebih kredibel, bandingkan hasil survei dari satu situs ke situs lainnya, lalu tentukan produk mana yang paling sering dibeli. Dengan menjual produk yang laris di pasar online, kalian dapat mengurangi adanya kerugian.

 

Saat kalian membuat listing produk di marketplace, kalian juga bisa mendapatkan informasi tentang karakteristik toko yang menarik pelanggan. Sebelum membuka toko online, pelajari tentang jenis produk dan harga produk yang sebanding ya.

 

3. Review Produk Dari Pelanggan

 

Cara riset produk yang terakhir adalah melihat review dari pelanggan.

 

Pada umumnya produk online yang sedang banyak diminati atau sedang trend akan banyak di review oleh para pelanggan. Ini adalah sesuatu yang dapat kalian gunakan untuk riset produk.

 

Dengan membaca review, kalian akan belajar tentang kualitas suatu produk berdasarkan review penggunanya. Kalian dapat membandingkan testimoni pembeli dengan deskripsi iklan yang dibuat oleh para kompetitor.

 

Cara riset produk seperti ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menjadi reseller dari produk yang bersangkutan. Hasilnya, kalian dapat menentukan apakah suatu produk online tersebut sudah cocok untuk dijual sebagai komponen bisnis online kalian.

 

Berikut itulah beberapa petunjuk cara riset produk untuk jualan online yang bisa kalian terapkan ke dalam bisnis. Kalian dapat menjalankan seluruh metode tersebut berdasarkan kebutuhan kalian ya.

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST