logo_ocistok

Daftar Peralatan Fotografer Untuk Pemula yang Wajib Dimiliki

Berilian Ardi
June 19, 2023
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/gambar utsss.png

Saat ini, fotografi lebih dari sekedar hobi. Namun, melalui fotografi, ternyata kalian juga bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Dengan keahlian fotografi yang kalian miliki nantinya, kalian bisa saja membuka jasa foto untuk acara-acara khusus seperti ulang tahun, pernikahan, wisuda dan lain sebagainya.

 

Namun, untuk menjadi seorang fotografer yang handal, tentu saja membutuhkan peralatannya. Nah, buat kalian yang masih pemula, ada beberapa peralatan yang membantu kalian menghasilkan foto terlihat lebih baik. Baca artikelnya berikut ini.

 

Daftar Peralatan Fotografer Pemula, Bisa Juga Kalian Jadikan Peluang Usaha

 

1. Background

 

peralatan fotografer pemula

 

Peralatan fotografer pemula yang pertama adalah background. Background merupakan alat bantu fotografi berupa kain dengan gambar, pola dan warna yang kalian butuhkan sebagai latar belakang pemotretan.

 

2. Stand Background

 

peralatan fotografer pemula

 

Tak lupa juga kalian harus memiliki stand untuk background. Stand backdrop adalah alat fotografi yang digunakan untuk penahan background. Kalian bisa mengatur sesuai kebutuhan karena bisa dinaik turunkan.

 

3. Kabel Release

 

peralatan fotografer pemula

 

Peralatan fotografer pemula selanjutnya adalah kabel release. Mirip injeksi yang lentur, kabel release memiliki fungsi untuk meredam guncangan saat shutter ditekan. Cara menggunakannya dengan memasang ke soket kabel release yang terletak di tombol shutter.

 

Baca Juga : 13 Alat Bantu Fotografi Ini Wajib Banget Dimiliki Fotografer, Bisa Untuk Usaha Juga!

 

4. Monopod

 

peralatan fotografer pemula

 

Monopod adalah alat pendukung yang berfungsi mirip dengan tripod. Perbedaan hanya terletak pada bagian kaki, hanya berjumlah satu. Jadi peralatan fotografer pemula ini lebih praktis.

 

5. Filter

 

peralatan fotografer pemula

 

Berbeda dengan filter pada aplikasi, filter ini merupakan alat penyaring cahaya yang masuk untuk mendapatkan efek-efek yang kita inginkan saat pemotretan. Cara penggunaannya dengan memasang di bagian depan lensa. Ada dua jenis filter yang biasa digunakan sebagai alat fotografi, yaitu lingkaran (bulat) dan persegi (kotak).

 

Saat menggunakan filter bulat, ingatlah untuk memperhatikan ukuran diameter lensa yang digunakan agar hasil foto maksimal sesuai dengan keinginan kita. Jika menggunakan persegi, kalian harus menambahkan ring khusus di depan lensa kamera.

 

6. Tudung Lensa

 

peralatan fotografer pemula

 

Alat fotografi yang diletakan di depan lensa ini memiliki fungsi untuk menghilangkan sebagian cahaya yang tidak perlu dan menimbulkan flare jika cahaya tersebut masuk ke dalam lensa.

 

7. Tripod

 

peralatan fotografer pemula

 

Siapa yang tak kenal peralatan fotografi satu ini. Tripod ini memiliki fungsi untuk menstabilkan kamera saat pengambilan gambar agar tidak goyang. Alat ini biasanya digunakan selama sesi pemotretan. Selain itu, tripod juga berguna untuk menopang berbagai lensa dengan ukuran yang relatif panjang.

 

8. Bracket atau Holder

 

peralatan fotografer pemula

 

Peralatan fotografer pemula ini sebenarnya tidak begitu wajib digunakan saat pemotretan. Bracket atau holder digunakan bila diperlukan saat menggunakan flash tambahan. Alat ini biasanya dipasang pada body kamera.

 

Baca Juga : Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Terbaik Untuk Usaha

 

9. Payung Reflektor

 

peralatan fotografer pemula

 

Payung reflektor salah satu alat fotografi yang menghasilkan cahaya lebih luas dan bayangan objek secara keseluruhan agar lebih halus atau lembut. Alat ini memiliki berbagai macam warna. Warna yang sering digunakan ialah warna putih.

 

10. Honeycomb

 

peralatan fotografer pemula

 

Honeycomb atau sarang tawon merupakan peralatan fotografer pemula yang memiliki bentuk bulat dan biasanya dipasang pada sumber cahaya. Honeycomb berfungsi untuk menghaluskan cahaya yang jatuh tepat pada objek.

 

11. Kabel Sinkro

 

peralatan fotografer pemula

 

Peralatan fotografer pemula terakhir adalah kabel sinkro. Alat ini dapat digunakan untuk membuat tambahan flash atau sumber cahaya lain dari pemotretan. Penggunaan alat ini dengan menyambungkan kabel dari sumber cahaya tambahan ke badan kamera.

 

Nah, bagaimana? Sudah tau daftar peralatan fotografer untuk pemula yang wajib kalian miliki. Selain itu, kalian juga bisa menjadikan peralatan tersebut sebagai peluang usaha yang menjanjikan!

 

Hal ini karena pencarian peralatan fotografer pemula masih tinggi dan masih memiliki potensi cuan di pasar Indonesia. Kalian bisa mendapatkan semua produknya langsung di website Ocistok.com.

 

Bebas Biaya Member & Seminar. FREE Personal Consultant WhatsApp di 0812-1000-1808.

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST