logo_ocistok

Kenali Apa Itu Supplier? Pengertian, Tugas Jenis dan Pentingnya Dalam Usaha

Berilian Ardi
March 17, 2023
Comments
https://ocistok.co.id/control-panel/foto/back supplier.jpg

Supplier

 

Apakah kalian memiliki usaha atau sedang dalam proses memulai? Kalian mungkin sedang kesulitan menemukan supplier. Saat merintis usaha atau bisnis, sebagian besar perusahaan membutuhkan supplier agar dapat berjalan dengan lancar. Maka dari itu, supplier atau pemasok memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini.

 

Misalnya, jika kalian memulai usaha menjual fashion, tentu saja kalian memerlukan supplier untuk menyuplai baju, celana, sepatu, aksesoris dan lain sebagainya. Memilih supplier juga harus memiliki pertimbangan yang matang dan tentu saja selalu berhati-hati.

 

Untuk itu, yuk pelajari lebih lanjut apa itu supplier, pengertian, tugas, jenisnya dan pentingnya dalam usaha berikut ini!

 

Kenali Apa yang Dimaksud Supplier?

 

 

Supplier atau pemasok adalah individu atau pebisnis yang menjual barang atau jasa kepada pebisnis lain, baik dalam perorangan maupun perusahaan.

 

Sebagai contohnya, kalian sebagai produsen frozen food yang membutuhkan beberapa macam daging, tepung, ayam dan plastik. Kalian juga bisa bertindak sebagai supplier ke beberapa restoran, karena mereka membutuhkan frozen food yang kalian produksi/jual.

 

Baca Juga : Kenali Apa Itu Principal, Distributor, Supplier, Agen, Retail, Reseller, Dropshipper dan Konsumen

 

Supplier memiliki peran penting dalam siklus produk, mulai dari menemukan produk yang berkualitas tinggi sampai mempercepat proses produksi. Setiap pengusana maupun pebisnis harus menjalin hubungan yang baik dengan para supplier untuk terciptanya produk yang baik juga.

 

Tugas Supplier

 

 

Pada setiap proses pembuatan, pabrikan atau supplier memiliki tahapan penting. Pertimbangan waktu dan produktivitas adalah hal yang dibutuhkan guna memperkenalkan produknya di pasaran dan siap untuk dijual. Mungkin, tinggi rendahnya produk dapat dilihat dari siklus dari para calon pelanggan/customer. Akan tetapi, baik dalam skala besar atau kecil, suatu usaha tetap memerlukan supplier yang baik dan terpercaya guna mendapatkan produk terbaik untuk dijual.

 

Berikut ini beberapa tugas supplier:

 

1. Selalu memastikan ketersediaan produk/bahan baku untuk para pengusaha atau perusahaan.

 

2. Supplier selalu memastikan bahwa produk menggunakan bahan yang selalu dalam keadaan baik dan aman.

 

3. Mengatur proses penyimpanan produk sebelum melakukan pengiriman.

 

4. Melakukan proses pengiriman dengan baik dan tepat waktu.

 

 

Jenis Supplier

 

 

Pada umumnya, supplier dibagi menjadi dua kategori yaitu supplier barang dan supplier jasa. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak penjelasannya berikut ini:

 

1. Supplier Barang

 

Supplier barang adalah supplier yang memberikan pasokan berupa barang. Seperti bahan mentah yang nantinya akan dijadikan suatu produk yang siap dijual. Contohnya, supplier kain untuk pabrikan fashion.

 

Dalam bisnis apa pun, pabrikan mungkin memerlukan layanan dari berbagai supplier untuk menyediakan berbagai macam jenis bahan baku untuk melakukan proses produksi. Misalnya, pabrik buku yang memerlukan supplier kertas, plastik dan bahan lainnya.

 

Baca Juga : Daftar Supplier Baju Import Tangan Pertama Terbaik Untuk Bisnis

 

Supplier barang juga memiliki dua jenis :

a. Supplier Bahan Material Non-Fabrikasi (bahan baku yang tidak melalui proses pertama).

b. Supplier Bahan Material Fabrikasi (bahan yang harus diproses terlebih dahulu oleh supplier).

 

2. Supplier Jasa

 

Supplier jasa memiliki peran untuk menyediakan pasokan bahan yang akan diproses menjadi produk atau barang matang yang siap dijual. Seperti salah satu contohnya, penyedia/pembuat aplikasi pembayaran yang memudahkan para pembeli untuk melakukan proses pembelian.

 

Pentingnya Supplier Dalam Usaha

 

 

Mengapa sangat penting? Karena supplier menjadi ujung tombak dalam usaha untuk memperoleh produk yang berkualitas terbaik dan berbeda dari kompetitor serta mendapatkan keuntungan yang terbilang tinggi dengan modal yang rendah.

 

Nah, maka dari itu ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam memilih supplier yang tepat:

 

1. Menjaga kualitas produk sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan untuk kebutuhan usaha/bisnis kalian.

 

2. Pastikan waktu pengiriman dilakukan secara tepat dan cepat. Hal ini agar proses produksi dan permintaan konsumen bisa berjalan lancar dan tepat waktu.

 

3. Pilih supplier yang menawarkan harga kompetitif. Kalian bisa melakukan perbandingan harga & manfaat yang diberikan oleh supplier satu dan supplier lainnya.

 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Supplier Tangan Pertama Langsung Dari Pabrik

 

4. Harap tinjau track record supplier. Mungkin kalian bisa melihat beberapa riwayat dengan mitra bisnis sebelumnya.

 

5. Pastikan supplier tidak tertinggal teknologi, karena ini berpengaruh dalam memenuhi kebutuhan.

 

6. Mampu berkomunikasi dengan baik terkait pengadaan dan pengiriman produk.

 

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai supplier, mulai dari apa itu supplier, tugas supplier, jenis supplier dan pentingnya supplier untuk usaha, Untuk kalian yang masih bingung mencari/mendapatkan suppliernya dimana, kalian bisa langsung mengunjungi website Ocistok.com!

 

Baca Juga : Daftar Supplier Alat Kesehatan Import Tangan Pertama Untuk Bisnis 2023

 

Ocistok.com adalah platform belanja import China yang dimana kalian bisa memilih semua jenis produk langsung dari Supplier Tangan pertama & Pabrik di website Ocistok.com.

 

Semakin banyak quantity maka akan semakin murah

Di Ocistok hanya SEKALI BAYAR (Karena Tim Ocistok akan menghitungkan harga ALL IN (Temasuk tax, bea cukai + ongkir ke alamat tujuan) sebelum melakukan pembayaran

Jaminan Garansi

FREE Ongkir Jabodetabek, FREE member & seminar.

BONUS++ Video e-learning cara berjualan untuk pemula

 

Kalian bisa langsung menghubungi Official WhatsApp Ocistok di : 

📞0812-1000-1808

 

Yuk temukan suppliernya di website Ocistok.com dan raih omset jutaan untuk usaha kalian!

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST