logo_ocistok

Kupas Kuntas OEM (Original Equipment Manufacturer) Dalam Bisnis

Aris Akbar
May 4, 2023
Comments
https://ocistok.co.id/control-panel/foto/Kupas Kuntas OEM (Original Equipment Manufacturer) Dalam Bisnis.png

OEM singkatan dari Original Equipment Manufacturer, apakah bisa kita terapkan dalam bisnis? Yuk simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

 

Pada umumnya terdapat tiga jenis kualitas barang atau produk yang banyak di jual dipasaran, seperti OEM, original dan KW. Well, ketiga jenis ini memiliki kualitas ataupun latar belakang yang tidak sama. 

 

Produk original sering kalian dengar, merupakan produk yang dipasarkan dan di jual langsung oleh pembuatnya sesuai dengan SOP perusahaan.

 

Produk OEM sendiri adalah produk yang mempunyai kualitas sama dengan original namun memiliki standarisasi yang berbeda-beda.

 

Untuk KW sendiri adalah produk yang dibikin semirip mungkin dengan produk aslinya atau originalnya, sering kita mendengar istila replika.

 

Baca Juga : 5 Website Supplier Tangan Pertama Untuk Kebutuhan Usaha

 

Bisakan OEM Kalian Terapkan Dalam Bisnis?

 

oem

 

OEM singkatan dari Original Equipment Manufacturer adalah pabrik yang memproduksi barang atau suku cadang sesuai dengan keinginan dari suatu merek dagang.

 

Awalnya OEM ini adalah produk buatan perusahaan 1 (satu) yang biasanya dipasarkan ke perusahaan lainnya/perusahaan ke 2 (dua) sebagai komponen. Kemudian, produk OEM nantinya akan di modifikasi seperti di tambahkan merek, aksesoris, model dan lain sebagainya lalu di jual ke konsumen.

 

Contohnya kita bisa menggunakan produk elektronik, laptop merek "Mawar". Yang kita tahu merek laptop ini adalah Mawar, kemudian saat kita buka ternyata komponen dalamnya bukan bermerek Mawar. Prosesornya Intel, Hardisknya pakai Seagate dan komponen-komponen lainnya.

 

Nah, Intel, Seagate dan komponen-komponen lainnya ini adalah OEM. Untuk menekan bujet biasanya komponen yang ada di laptop Mawar tidak di tempelkan merek atau label. Kenapa? Karena semuanya akan di jual dengan merek "Mawar" bukan merek-merek OEM.

 

Baca Juga : Apa Itu Grosir? Pengertian, Jenis dan Perbedaan Dengan Eceran

 

Jadi perusahaan OEM hanya menjual ke beberapa perusahaan, tidak langsung ke konsumen. Namun, saat ini sudah banyak OEM yang menjual ke berbagai barangnya ke supplier maupun konsumen.

 

Bisa kita simpulkan produk OEM tidak ada bedanya dengan produk original. Jadi, Bisakan OEM Kalian Terapkan Dalam Bisnis? Bisa.. Kalian bisa bisnis import pakai logo brand kamu sendiri.

 

Dengan begitu, brand kalian bukan termasuk ke dalam istilah KW. Caranya, kalian bisa mengunjungi website Ocistok.com dan mengisi keterangan untuk menginformasikan ingin menambahkan logo pada produk yang kalian pilih atau kirim foto dan link produk melalui whatsapp 0812-1000-1808.

 

OEM

 

Kemudian, tim Ocistok akan melakukan konfirmasi ke supplier terpercaya tangan pertama untuk minimal kuantitas produksi dan proses perhitungan harga.

 

Baca Juga : Kenali Apa Itu Principal, Distributor, Supplier, Agen, Retail, Reseller, Dropshipper dan Konsumen

 

Siapkan aset desain logo kepada tim Ocistok.com dan melakukan proses pembayaran. Supplier mulai produksi produk menggunakan logo brand kamu.

 

Produk nantinya akan siap dikirim ke Indonesia dan kamu siap berjualan dengan brand kamu sendiri. Yuk tunggu apalagi, segera mulai Bisnis OEM kamu sendiri bersama Ocistok.com sekarang!

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST