logo_ocistok

Mudah! Begini Cara Importir Import Barang dari China ke Indonesia

Aris Akbar
March 19, 2022
Comments
importir barang china

A. Importir Barang China - Mengimpor barang dari China ke Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana. Seperti yang telah kita ketahui sejak lama bahwa Negara China adalah mitra dagang terbesar Indonesia. Sejak dulu, negara kita telah mengimpor berbagai produk Cina, termasuk kebutuhan makanan, elektronik, fashion dan lain sebagainya. Baik itu melalui jalur perdagangan udara ataupun laut.

Berdasarkan survei di berbagai sosial media, China mampu memproduksi barang dengan biaya rendah dengan tetap menjaga kualitas mereka. Selain itu, barang yang diperoleh dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga importir barang China dapat menjual kembali dan memperoleh keuntungan.

Baca Juga : Jasa Import Door to Door Murah dan Terpercaya di Indonesia

Jika kalian ingin menjadi importir barang China, kalian harus terlebih dahulu mempelajari cara mengimpor barang dari China. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penipuan atau ketidaksesuaian produk import yang kalian pesan.

Well, untuk lebih jelasnya. Berikut ini terdapat beberapa cara importir impor barang dari China ke Indonesia yang bisa kalian terapkan dan telah dirangkum oleh Ocistok.com dari beberapa sumber;

 

1. Melalui Jalur Pelabuhan

importir barang china

Kalian selaku importir barang China tentu saja bisa melakukan cara tradisional satu ini. Kalian akan mudah bertemu langsung dengan para seller China, lalu melakukan percakapan dan kesepakatan terkait pengiriman, berat, harga produk dan lain sebagainya. Kalian bisa mengimpor produk dari China dengan skala yang besar, rata-rata yang cukup banyak terlibat adalah perusahaan besar. Selain itu terdapat juga prosedur ekspor atau impor yang memang harus kalian patuhi guna memperlancar proses import.

 

2. Melalui Jalur Pribadi

importir barang china

Akses transportasi di penjuru dunia saat ini semakin mudah, hal ini memudahkan orang-orang keluar masuk luar negeri. Tak sedikit juga melakukan hal ini untuk memenuhi kebutuhan bisnis, contoh yang paling umum adalah impor barang skala kecil. Importir barang China dapat membeli produk yang kalian inginkan kemudian menjualnya kembali di Pasar Indonesia.

Namun perhatikan juga terdapat pajak dan bea masuk saat membawa barang dari luar negeri.

 

3. Melalui Marketplace/e-Commerce

importir barang china

Cara ini paling mudah serta murah. Importir barang China rata-rata menggunakan cara ini. Dari tahun ke tahun para pelaku usaha atau bisnis di platform marketplace dan e-commerce semakin berkembang, hal  ini disebabkan oleh semakin populer dan majunya teknologi di dunia.

Kalian juga tidak perlu berpergian keluar rumah, cukup bersantai untuk melihat barang-barang yang kalian ingin impor melalui perangkat komputer di rumah. Dengan memanfaatkan marketplace atau e-commerce, kalian dapat menentukan berapa banyak produk yang ingin kalian impor, baik satuan maupun grosiran.

Penting juga untuk visit pasar di Indonesia. Jangan lupa juga untuk menanyakan estimasi barang import tiba, cepat atau lamanya tergantung kalian memilih pengiriman. Baik udara ataupun laut, berikut ini beberapa platform terpopuler yang selalu para importir barang China gunakan;

 

a. Importir Barang China Melalui 1688.com

importir barang china

Situs satu ini masih dalam naungan Alibaba Group.1688.com masih menggunakan Bahasa Mandarin, namun kalian bisa mengakses Bahasa Indonesia. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam harga yang ditawarkan oleh website ini jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh Alibaba.com. Semakin kalian banyak membeli produk import di 1688.com harga yang akan kalian dapatkan semakin murah.

 

b. Importir Barang China Melalui Taobao.com

importir barang china

Baca Juga : Grosir Baju Anak Import Tangan Pertama Terpercaya

Taobao.com merupakan salah satu platform terbesar dan terpopuler di China. Semua yang kalian cari kemungkinan akan tersedia di Taobao.com. Selain itu, harga yang mereka tawarkan sangat bersahabat jika dibandingkan dengan platform lainnya. Karena itu, importir barang China cukup banyak membeli barang melalui Taobao.com untuk dijual kembali.

 

c. Importir Barang China Melalui Ocistok.com

importir barang china

Apabila kalian masih bingung, ragu dan mengalami kendala di platform marketplace China terkait masih berbahasa Mandarin Ocistok.com adalah solusinya. Ocistok.com adalah Marketplace supplier China terbesar di Indonesia dengan akses jutaan supplier China tangan pertama hanya di 1 website serta harga termurah untuk usaha.

Ocistok.com sudah terhubung langsung dengan seluruh distributor dan supplier tangan pertama dan terpercaya di China. Semua Bahasa yang ada di website sudah full diterjemahkan di dalam Bahasa Indonesia serta barang Import yang kalian cari pasti ketemu.

Tim Sales Ocistok.com akan membantu kalian untuk menghitung harga ALL IN sampai alamat tujuan. Kalian bisa langsung menghubungi tim sales Ocistok.com via WhatsApp di 0812-1000-1808.

 

d. Importir Barang China Melalui Alibaba.com

importir barang china

Platform ini telah beroperasi berpuluhan tahun. Selain itu, ini adalah pasar terbesar di dunia. Produk import apapun yang kalian cari pasti ketemu, kalian dapat mengimpor dalam jumlah grosir maupun satuan. Para importir barang China juga banyak yang mendapatkan barang dari situs ini, karena pembelian di Alibaba.com juga tidak ribet. Kalian dapat membayar dengan kartu PayPal, Kartu Kredit, Western Union dan lainnya.

 

e. Importir Barang China Melalui Aliexpress

importir barang china

Aliexpress adalah anak perusahaan dari Alibaba. Yang membedakan Aliexpress dari Alibaba adalah jumlah produk dan para seller yang berjualan. Kalian juga bisa membeli secara satuan atau grosir di Aliexpress. Selain itu, yang berjualan di Aliexpress adalah perorangan, bukan perusahaan besar, jadi kalian boleh membeli apa saja dalam jumlah yang sedikit.

 

B. Besaran Pajak Import Barang dari China ke Indonesia

importir barang china

Baca Juga : Peluang Usaha Jaket Import Terlaris

Beberapa situs seperti klikpajak, melampirkan untuk bea masuk barang berbeda-beda seperti;

1. Produk tekstil kisaran 15-20%

2. Sepatu : 25-30%

3. Barang umum : 7,5%

Pada 2 tahun sebelumnya nilai import yang kurang dari USD3 tidak dikenakan Bea Masuk, namun terdapat PPN 10%. Jika nilai import lebih dari USD3 terdapat Bea Masuk 7,5% serta PPNnya 10%. Namun, jika impor lebih dari USD1500, akan di kenakan PPN, PDRI dan Bea Masuk. Serta harus menyampaikan PIB (Pemberitahuan Impor Barang).

Mudah bukan! Cara Importir Import Barang dari China ke Indonesia.

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST