logo_ocistok

Pentingnya SEO Di Dalam Dunia Bisnis Digital

Berilian Ardi
November 27, 2020
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Pentingnya-SEO-Di-Dalam-Dunia-Bisnis-Digital.jpg

Banyaknya pengusaha yang berlomba-lomba masuk kedalam bisnis online mempengaruhi tingkat persaingan yang terjadi di dunia maya. Kalian mungkin menyadari bahwa berbisnis di dunia digital sudah tak terhindarkan lagi, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini karena, beralihnya transaksi jual beli offline ke transaksi jual beli online yang dimana penjual dan pembeli tidak akan bertemu secara langsung.

 

Tingginya kesadaran dalam pentingnya membangun usaha di dunia digital, memacu para pengusaha bisnis online untuk berpikir lebih kreatif, demi meningkatkan penjualan, berbagai macam alat-alat dan teknik Pemasaran Online digunakan untuk meningkatkan kinerja bisnis online mereka, salah satu teknik pemasaran online yang umum adalah Search Engine Optimizaion (SEO).

 

SEO merupakan teknik untuk mengoptimalkan website agar muncul di posisi teratas mesin pencarian seperti google atau Bing. Mengapa penting bagi bisnis online untuk melakukan SEO? Itu karena, website dengan SEO yang baik akan tampil di halaman pertama mesin pencarian, yang dimana 95% lalu lintas online terjadi.

 

Didalam SEO itu sendiri terdapat 3 teknik pengoptimalan yang sudah terkenal yaitu:

 

1. White Hat SEO

 

Merupakan Teknik Optimasi website yang patuh terhadap tata cara dan etika yang berlaku. White SEO merupakan teknik yang paling disarankan untuk dipelajari karena, White SEO adalah cara yang paling aman untuk dilakukan namun, paling lambat dalam membuahkan hasil.

 

Beberapa teknik White hat SEO yang sering dilakukan adalah,

 

  • + Media social:

membangun link menuju website dengan cara membagikan konten atau cukup dengan mention link saja.

 

  • + Guest Posting:

Menuliskan konten ke blog orang lain dengan catatan, harus memasukan 1 atau 2 link yang menuju ke website kalian.

 

  • + User generated content:

Terdapat beberapa platform yang memberikan kebebasan bagi usernya untuk membuat konten sendiri sehingga opsi ini dapat dilakukan untuk membangun link.

 

  • + Blog commenting:

Menjadi orang yang aktif di blog memiliki kelebihan tersendiri karena selain bisa membangun link kalian juga bisa membangun network.

 

  • + Forum:

aktif di dalam forum yang sesuai dengan target market sehingga dapat membangun link ke website dan membangun traffic dari leads yang sesuai target.

 

  • + Events:

Bergabung ke event yang berhubungan dengan target market dapat membantu peningkatan SEO website karena, biasanya nama anda akan dimasukkan ke dalam listing.

 

Baca Juga : Kenali Apa Itu Supplier? Pengertian, Tugas Jenis dan Pentingnya Dalam Usaha

 

2. Black Hat SEO

 

Teknik Optimasi yang dikenal sebagai teknik yang tidak sesuai dengan etika bisnis yang baik dan tidak sesuai dengan ketentuan mesin pencari sehingga, rata-rata pelaku teknik black hat SEO akan dikenakan hukuman oleh pihak mesin pencari. Pemanfaatan teknik black hat SEO memang memiliki efek yang positif untuk jangka pendek namun, dalam jangka panjang biasanya akan menimbulkan masalah yang tidak sepadan dengan keuntungannya.

 

Beberapa teknik Black SEO yang umum dilakukan:

 

  • + Cloaking

  • + Content automation

  • + Hidden texts or links

  • + Keyword stuffing

  • + Sneaky redirect

  • + Link schemes

  • + Dan masih banyak lagi

 

Kita tidak akan membahas terlalu banyak tentang black hat karena praktik black hat sangatlah dibenci oleh mesin pencari.

 

3. Grey Hat SEO

 

Pengoptimalan website yang praktik-nya berada di zona abu-abu atau tidak jelas apakah praktik gray hat SEO dapat dikatakan White hat atau Black hat. Yang dilakukan gray hat SEO adalah mendapatkan lalu lintas online dengan upaya yang melibatkan uang sementara white hat dilakukan tanpa menggunakan uang sepeser pun akan tetapi, gray hat SEO tidak melakukan pelanggaran seperti yang dilakukan oleh Black hat.

 

Berikut beberapa teknik Gray hat SEO yang umum untuk dilakukan:

 

  • + Membeli domain website lama yang sudah memiliki SEO yang baik

  • + Membeli link

  • + Social media automation atau membeli followers.

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST