logo_ocistok

Shipping adalah: Pengertian, Tips dan Jenis-Jenisnya

Berilian Ardi
February 21, 2024
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Shipping-adalah-Pengertian,-Tips-dan-Jenis-Jenisnya.jpg

Apa itu shipping? Pastinya kalian tidak asing lagi dengan pertanyaan tersebut, apalagi kalian yang mau memulai usaha atau bisnis online shop tentu kurang paham dengan istilah tersebut.

 

Shipping pada umumnya sangat erat kaitannya dengan proses pengiriman barang atau pesanan dalam industri belanja online. Lalu, apa sebenarnya yang di maksud dengan shipping? Baca selengkapnya di artikel berikut ini!

 

 

Shipping Adalah

 

Komponen penting dari setiap bisnis yang ada untuk menyediakan dan mengirimkan barang kepada pelanggan atau konsumen. Fungsi shipping adalah membuat kegiatan pengiriman barang menjadi lebih efisien dan efektif, baik dari segi biaya, waktu pengiriman dan kesesuaian waktu.

 

Nah, meski shipping bisa kita artikan sebagai pengiriman, namun istilah ini awalnya digunakan untuk pengiriman barang melalui laut.

 

Akan tetapi, baru-baru ini istilah shipping sudah memiliki makna yang luas, sehingga mencangkup pengiriman udara dan darat bukan hanya untuk laut saja.

 

Proses shipping melibatkan sejumlah langkah, dimulai dari proses pembuatan dan diakhiri dengan pengiriman barang. Kemudian, barang akan dikirim dan dikendalikan dari perusahaan shipping atau logistik.

 

Baca Juga : Grosir Import China Terpercaya, Terbaik dan Aman di Indonesia

 

Shipper Adalah

 

Seseorang yang ingin atau meminta untuk melakukan pengiriman melalui layanan ekspedisi.

 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) shipper ialah orang yang mengirim untuk menyampaikan barang. Dapat disimpulkan bahwa istilah shipper merujuk kepada seseorang yang ingin mengirimkan paket/barang ke ekspedisi dan memiliki sebutan sebagai kurir.

 

Tips Mudah Sebelum Mengirim Barang

 

Beberapa langkah yang harus kalian pahami sebagai berikut:

 

1. Pahami Produk yang Ditawarkan Jasa Pengiriman

Sebagian besar jasa pengiriman biasanya memiliki produk yang tersedia seperti besok sampai, reguler 2 sampai 4 hari, ekonomis 3 sampai 5 hari, 1 hari sampai dan pengiriman berupa kargo 3 sampai 7 hari.

 

Setelah mengetahui berbagai jenis produk yang tersedia, kalian bisa menyesuaikan produk dengan kebutuhan dan tinggal memilih pengiriman yang terbilang cepat sampai tujuan.

 

 

2. Mengetahui Shipping yang Digunakan

Sebelum melakukan pengiriman barang, kalian bisa research jasa pengiriman barang, apakah terpercaya di Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

 

3. Mengetahui Penulisan Alamat Pengiriman

Fungsi hal satu ini agar pesanan atau barang sesuai dengan titik atau alamat yang dicantumkan pemesan. Penulisan alamat pengiriman yang benar juga membantu kurir dalam mencari alamat, jangan lupa juga untuk mencantumkan nomor handphone atau whatsapp untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

4. Pilih Pengiriman yang Dekat Dari Rumah

Untuk lebih mudah dalam proses pengiriman, kalian bisa mencari ekspedisi yang dekat dari rumah. Jika beberapa paket tergolong berat, kalian juga tidak kerepotan dalam membawanya ke tempat ekspedisi.

 

5. Pahami Cara Packing Barang

Packing merupakan tugas sederhana yang sebenarnya mudah dilakukan, asalkan kalian mengetahui jenis-jenis barang yang akan kalian kirim. Untuk melakukan packing perlu beberapa komponen tambahan seperti plastik pembungkus, isolasi, bubble wrap, kardus dan lain sebagainya.

 

Disarankan jangan sampai ada ruang kosong tersisa agar barang tidak mudah goyang dan tumpah. Beberapa barang yang rentan pecah, penting atau rusak disarankan menggunakan packing kayu agar lebih aman.

 

Baca Juga : Kenali Apa Itu Principal, Distributor, Supplier, Agen, Retail, Reseller, Dropshipper dan Konsumen

 

Jenis Jenis Shipping

 

Seperti yang kita baca bersama di atas, pengiriman yang menggunakan jalur laut cukup baik dan sangat fleksibel meski sedikit memakan waktu lama. Yuk simak lengkapnya beberapa jenis pengiriman kapal laut berikut ini:

 

1. Kapal Kontainer

Jenis kapal satu ini mengangkut kontainer yang berisi berbagai macam barang, biasanya digunakan untuk shipping yang pengiriman produknya dengan adanya pengemasan.

 

2. Kapal Kargo Curah

Jenis kapal ini yang paling sering digunakan shipping, kargo yang diangkut kapal satu ini adalah bahan-bahan baku atau sering disebut sebagai bulk carrier. Jenis kapal satu ini mobilitasnya tinggi karena sering mengangkut hasil-hasil pertambangan dan kehutanan yang tidak memerlukan kontainer.

 

3. Kapal Kargo Umum

Jenis kapal satu ini untuk mengangkut kargo seperti curah, karung hingga kontainer. Kapasitasnya rata-rata 5.000 sampai dengan 25.000 dwt dan memiliki twin decker, sangat multifungsi untuk mengangkut berbagai jenis muatan.

 

 

Kesimpulan

 

Shipping adalah proses pengangkutan, pengiriman barang dari penjual ke pembeli. Dalam suatu bisnis import eksport, industri shipping sudah dikenal dengan pengertian pengiriman melalui jalur laut antar negara.

 

Untuk kalian yang ingin memulai maupun menambah bisnis, pasti memerlukan beberapa hal di atas. Kalian bisa menggunakan platform Ocistok lho!

 

Semua kebutuhan bisnis import kalian pasti nyaman, aman dan terpercaya. Cukup duduk di rumah pilih produk yang ingin kalian jual, tunggu barang sampai. Untuk kebutuhan lebih lanjut yuk hubungi tim sales Ocistok di whatsapp 0812 1000 1808.

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST