logo_ocistok

TRIK JITU MEMILIH SUPPLIER YANG BAIK UNTUK USAHA ANDA

Kevin jaya
October 6, 2020
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/TRIK-JITU-MEMILIH-SUPPLIER-YANG-BAIK-UNTUK-USAHA-ANDA.png

Michael Eugene Porter adalah seorang professor bisnis di Harvard yang telah memiliki banyak pengakuan dari para akademis bisnis dan praktisi di dalam dunia bisnis. Michael E. Porter mencetuskan lima kekuatan porter yang akan mempengaruhi kemampuan suatu perusahaan dalam menghadapi persaingan salah satunya yakni, kekuatan pemasok atau dalam Bahasa inggris disebut supplier power.

 

Sebagai salah satu elemen dari porter 5 forces, supplier power memiliki kontrol terhadap seberapa kuat suatu usaha dalam menghadapi persaingan yang ketat oleh karena itu, para pelaku usaha wajib berhati-hati dan kritis dalam memilih supplier mereka. Bagi kalian yang masih bingung dalam memilih supplier, yuk simak beberapa tips tentang hal yang perlu perhatikan sebelum memilih supplier untuk mendukung bisnis kalian.

 

 

1. Harga

 

Dalam mencari supplier, sangat dianjurkan untuk memilih supplier yang memiliki harga paling kompetitif dipasaran, kenapa? Karena supplier yang menawarkan harga kompetitif akan memberikan banyak keuntungan bagi kita sebagai pelaku bisnis yang akan menjual kembali barang tersebut kepada customer.

 

 

 

2. Dapat diandalkan

 

Pengiriman barang yang sesuai dengan pesanan serta waktu pengiriman yang cepat merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih supplier. Supplier yang besar biasanya dapat memenuhi kebutuhan anda dengan tepat dan cepat dikarenakan biasanya sistem yang mereka miliki sudah cukup baik untuk memenuhi masalah pemesanan akan tetapi, bukan berarti supplier-supplier kecil tidak dapat diandalkan untuk memenuhi pesananmu loh.

 

Baca Juga : Kenali Apa Itu Supplier? Pengertian, Tugas Jenis dan Pentingnya Dalam Usaha

 

 

 

3. Lokasi supplier

 

Memilih supplier harus memperhatikan lokasi dan jarak antara perusahaan kalian dengan supplier. Apabila kalian memilih lokasi yang rawan akan macet maka, meskipun jaraknya dekat supplier akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengirimkan barang, dan apabila kalian memilih jarak yang jauh maka kalian akan membayar biaya pengantaran yang lebih mahal. Carilah lokasi dan jarak supplier yang terbaik sesuai dengan lokasi anda.

 

 

 

4. Multiple supplier

 

Supplier merupakan elemen yang sangat penting bagi perkembangan bisnis atau usaha kalian akan tetapi, apa yang akan terjadi jika supplier kalian tiba-tiba gulung tikar atau mengalami kebangkrutan? Pastinya kalian akan sangat kesulitan untuk menari supplier yang baru. Sangatlah di sarankan untuk mencari lebih dari satu supplier agar kalian terhindar dari masalah-masalah seperti supplier yang berhenti beroperasi, harga barang yang tiba-tiba melonjak naik, dan sebagainya.

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST