logo_ocistok

Cara Beli Barang di Alibaba Pakai Rupiah, Terbaru!

Aris Akbar
January 18, 2023
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Cara Beli Barang di Alibaba Mudah dan Terbaru 2023.jpg

Seperti yang telah kita ketahui, Alibaba menjadi marketplace raksasa dan rumah untuk mendapatkan supplier tangan pertama. Namun, tak sedikit juga yang masih bingung cara beli barang di Alibaba. Nah, pada artikel kali ini, Ocistok akan memandu kalian untuk mengetahui cara beli barang di Alibaba pakai rupiah, terbaru!

 

Yuk baca artikel berikut ini sampai selesai ya. Selain belajar cara beli barang di Alibaba, kalian juga akan mendapatkan beberapa informasi penting lainnya.

 

Apa itu Alibaba?

 

 

Alibaba adalah platform e-commerce yang berada di China dengan berbagai barang untuk keperluan usaha maupun pribadi dan memiliki pelanggan kurang lebih 100an negara di seluruh dunia.

 

Hal ini karena harga yang dijual di Alibaba sangat ramah di kantong alias murah dan menawarkan berbagai macam jenis barang yang mudah kalian temukan. Barang apapun yang kalian cari pasti ketemu. Untuk pembayarannya juga terbilang mudah, kalian bisa menggunakan kredit card, mata uang negara masing-masing termasuk rupiah.

 

Baca Juga : Alibaba Indonesia, Platform Belanja Import Favorit di Indonesia

 

Perbedaan Alibaba dengan AliExpress

 

 

Jawabannya sama sama berada di dalam naungan Alibaba Group. Sebagian orang juga sering menanyakan hal ini. "Apa sih perbedaannya". Sebenarnya keduanya sangat populer dan terkenal dengan varian barang yang berkualitas dengan harga bersahabat. Masih juga termasuk ke Alibaba Group.

 

Berikut perbedaannya:

 

1. Alibaba memiliki seller yang jauh lebih banyak bergerak di Business to Business (B2B) dimana mayoritas sellernya adalah Pabrikan atau Supplier. Untuk AliExpress, melayani satuan, eceran atau retail Business to Customer (B2C).

 

2. Alibaba menerapkan Minimum Order Quantity (MOQ) / Grosiran. Berbeda dengan AliExpress yang tidak ada MOQ.

 

3. Pemabayaran di Alibaba bisa menggunakan Down Payment (uang muka), Documentary Collection, transfer antar Bank (telegraphic transfer / TT), Letter of Credit (LC) bisa dilakukan diluar sistem Alibaba. AliExpress menggunakan sistem yang tersedia dalam web, seperti Alipay, Doku dan lain sebagainya.

 

Cara Beli Barang di Alibaba

 

 

Daftar Akun di Website Alibaba

 

1. Kunjungi website https://www.alibaba.com

2. Pilih Login menggunakan Google / Gmail

3. Selesai, sangat mudah dan simple

 

Kemudian kalian bisa langsung mencari barang yang ingin dibeli. Berikut ini beberapa cara pencarian barang:

 

1. Melalui Menu Kategori

 

Untuk yang pertama kalian bisa melalui kategori seperti pada gambar dibawah ini. Terdapat banyak sekali kategori sesuai barang yang mereka jual, kalian bisa dengan mudah menemukan barang yang ingin kalian beli.

 

2. Melalui "Pasar Saya" / My Markets

 

Selanjutnya, selain melalui kategori kalian juga bisa mencari barang berdasarkan "My Markets atau Pasar Saya" seperti pada contoh gambar di bawah ini ya. Pada umumnya sama dengan yang tertera pada halaman kategori barang.

 

Baca Juga : Mengapa Kalian Harus Belanja di 1688 Indonesia

 

3. Melalui Kolom Pencarian

 

Yang peling umum digunakan yaitu melaui kolom pencarian, kalian bisa dengan mudah menemukan barang yang kalian cari dengan memasukan keyword/kata kunci. Contohnya seperti Baju Tidur, Case Handphone dan lain sebagainya.

 

4. Melakukan Order

 

Selanjutnya jika sudah menentukan barang, kalian bisa langsung menghubungi supplier/pemasok untuk menyelesaikan proses pemesanan. Beri tahu supplier tentang apa pun yang berkaitan dengan transaksi, seperti biaya pengiriman dan harga produk.

 

5. Pilih Metode Pengiriman Barang

 

Alibaba menyediakan berbagai layanan pengiriman seperti DHL, EMS dan Fedex. Jika kalian ingin mengirim ke Indonesia, disarankan menggunakan DHL atau EMS.

 

6. Melanjutkan Transaksi

 

Selanjutnya melanjutkan transaksi atau pembayaran. Jika ingin membayar dengan rupiah, pilih Western Union yang tersedia di Alfamart, POS Indonesia, Pegadaian dan Indomaret.

 

7. Tunggu Barang Sampai di Alamat Tujuan

 

Yang terakhir yaitu menunggu barang tiba di alamat tujuan/rumah. Proses pengiriman terbilang cukup lama karena barang langsung dikirimkan dari China. Kemudian ada proses pemeriksaan di Bea Cukai.

 

Jika kalian masih memiliki kendala selama proses beli barang di Alibaba, kalian bisa langsung mengunjungi website Ocistok.com dan menghubungi Tim Ocistok.com untuk dibantu semua kebutuhan kalian. Karena website Ocistok.com sudah terintegrasi langsung dengan Alibaba, 1688 dan Taobao. Semua barang yang kalian cari pasti ketemu.

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST