logo_ocistok

Apa Itu Stock Opname, Fungsi, Tujuan, dan Periode Pelaksanaan

Berilian Ardi
May 8, 2024
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Apa-Itu-Stock-Opname,-Fungsi,-Tujuan,-dan-Periode-Pelaksanaan.jpg

Bagi pelaku usaha yang menjual berbagai macam barang dengan jumlah yang banyak, terkadang sering mengalami stok yang tidak sinkron atau bahkan kesalahan dalam mencatat transaksi yang menyebabkan ketidakakuratan stok. Maka dari itu, dalam jangka waktu tertentu pebisnis perlu melakukan stok opname barang.

 

Stock opname adalah solusi untuk mengidentifikasi banyak masalah dalam bisnis dan memastikan stok yang tercatat dalam sistem sesuai dan akurat dari stok fisiknya. 

 

Dengan melakukan stock opname secara berkala, perusahaan dapat mengurangi risiko kesalahan, pencurian, atau ketidakakuratan stok yang dapat berdampak pada operasi bisnis dan keuntungan.

 

Baca Juga : 4 Daftar Software Omnichannel Terbaik untuk Kelola Toko

 

Arti Stock Opname

 

stock opname

 

Stock opname adalah sebuah aktivitas menghitung stok barang di gudang sebelum dipasarkan atau dijual.

 

Ketika melakukan aktivitas ini memerlukan ketelitian karena berhubungan dengan stok barang, supaya tidak terjadi kesalahan pencatatan dan penghitungan akibat adanya barang yang terlewat.

 

Untuk melaksanakannya masih ada beberapa pebisnis yang melakukan secara manual. Tentunya, kalau dilakukan manual bisa menguras waktu dan tenaga, sebab stok barang gudang jumlahnya banyak dan beragam. 

 

Oleh karena itu, untuk memudahkan stok opname gudang udah ada teknologi yang dapat kamu gunakan, yaitu sistem manajemen gudang (warehouse management system). 

 

Dengan sistem gudang, stok opname bisa dilakukan menggunakan barcode atau serial dan batch number, nantinya staff gudang cukup memindai dan datanya akan masuk ke dalam sistem. 

 

Kamu cukup memilih barang yang akan di opname berdasarkan rak barang tersebut di gudang dan tidak perlu lagi mencatatnya secara manual.

 

Tidak hanya untuk stock opname aja melainkan kamu dapat langsung menyesuaikan stok barang, apabila menemukan barang rusak, hilang, atau kadaluarsa.

 

Nah, kalau kamu mencari sistem pergudangan yang bisa mempermudah proses stok opname bisnis, kamu bisa mencoba Jubelio WMS.

 

Selain menyediakan fitur yang lengkap untuk proses gudang, seperti picking, packing, sampai shipping. WMS Jubelio juga sudah terhubung dengan sistem omnichannel sehingga mempermudah kelola toko online dan offline kamu.

 

Dengan begitu kesalahan penghitungan maupun pencatatan bisa diminimalkan. Proses stock opname juga bisa berjalan lebih cepat dan efektif.

 

Baca Juga : 5 Cara Memilih Sistem Toko Online Terbaik untuk Bisnis

 

Tujuan Stok Opname

 

Stock opname adalah proses penghitungan fisik dan pencatatan seluruh persediaan barang yang dimiliki oleh suatu bisnis pada suatu waktu tertentu.

 

Secara keseluruhan, tujuan stock opname adalah untuk memastikan bahwa bisnis memiliki kontrol persediaan barang yang baik, menjaga akurasi data persediaan, mengendalikan keuangan, serta mendukung perencanaan produksi dan pengadaan yang efisien.

 

Selain itu, ada beberapa tujuan dari stock opname adalah :

 

1. Sebagai Pengendalian Persediaan

Dengan melakukan pencatatan dan penghitungan fisik secara berkala, tentunya akan  membantu bisnis dalam mengendalikan persediaan barangnya. 

 

Terlebih lagi, kamu bisa mengetahui jumlah persediaan yang sebenarnya dan bisnis dapat mengidentifikasi perbedaan antara jumlah yang dicatat dalam sistem dengan jumlah yang sebenarnya ada di gudang atau tempat penyimpanan.

 

2. Akurasi Data Persediaan Barang

Melaksanakan stock opname secara rutin akan membantu kamu untuk menjaga akurasi data persediaan.

 

Kamu dapat  melakukan pencocokan  data yang dicatat dalam sistem dengan jumlah fisik persediaan.

 

Jika tidak ada kesesuaian ataupun kesalahan pencatatan, kamu bisa mengidentifikasi secara cepat.

 

3. Mendeteksi Kehilangan Barang

Masih berhubungan sama tujuan stock opname yang sebelumnya. Pelaksanaan stok opname gudang juga dapat membantu dalam mendeteksi kehilangan barang.

 

Caranya, kamu dapat membandingkan jumlah persediaan yang sebenarnya dengan jumlah yang dicatat dalam sistem, nantinya kamu dapat mengidentifikasi perbedaan yang tidak wajar dan menyelidiki penyebabnya.

 

4. Perencanaan Produksi dan Pengadaan

Informasi yang diperoleh dari stock opname dapat membantu kamu dalam merencanakan produksi dan pengadaan barang, apalagi kalau kamu menjual sekaligus memproduksi barang sendiri.

 

Dengan mengetahui jumlah persediaan yang sebenarnya, bisnis dapat membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan kebutuhan produksi dan persediaan yang harus dibeli atau diproduksi lebih lanjut.

 

Periode Pelaksanaan Stok Opname Gudang

 

Waktu pelaksanaan stok opname biasanya dipilih dengan hati-hati agar tidak mengganggu aktivitas operasional bisnis dan dapat dilakukan dengan efisien. 

 

Berikut adalah beberapa waktu pelaksanaan yang umum dipertimbangkan:

 

1. Akhir Minggu atau Hari Libur

Stock opname sering dilakukan pada akhir minggu atau hari libur ketika aktivitas operasional cenderung lebih rendah. 

 

Hal ini memungkinkan staf untuk fokus pada stock opname tanpa terganggu oleh kegiatan sehari-hari seperti pengiriman, penerimaan barang, atau produksi.

 

2. Malam Hari

Beberapa bisnis memilih untuk melakukan stock opname pada malam hari setelah jam kerja selesai.

 

Waktu ini dipilih untuk menghindari gangguan pada operasi sehari-hari dan memungkinkan staf untuk melakukan pencatatan dan penghitungan dengan lebih fokus.

 

3. Puncak Musim Rendah

Jika bisnis mengalami fluktuasi musiman dalam aktivitas operasionalnya, waktu pelaksanaan stock opname bisa dipilih selama periode musim rendah untuk mengurangi dampak terhadap aktivitas operasional yang sedang berjalan.

 

4. Diprediksikan Setiap Tahun

Terlepas dari waktu yang dipilih, penting untuk memiliki jadwal yang konsisten dan diprediksi setiap tahun agar semua departemen dan staf dapat mempersiapkan diri dengan baik dan menyesuaikan jadwal mereka.

 

Itulah  penjelasan mengenai stock opname yang perlu dipahami terlebih jika kamu adalah pelaku usaha.

 

Pastikan untuk tidak melewatkan proses ini dalam bisnismu dan gunakan aplikasi WMS yang memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang operasional bisnis kamu. Cek selengkapnya disini>>>

 

*Artikel ini hasil kerja sama Jubelio dan Ocistok

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST