logo_ocistok

Jasa Freight Forwarding Terpercaya di Indonesia

Aris Akbar
May 8, 2021
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Jasa Freight Forwarding Terpercaya di Indonesia.png

Freight Forwading adalah kegiatan usaha yang ditujukan mengurusi semua kegiatan yang diperlukan dalam terlaksananya pengiriman dan penerimaan barang export dan Import melalui transportasi darat, laut atau udara.

 

Hal itu dapat mencakup kegiatan penerimaan, penyimpanan, sortasi, pengepakan, pengukuran, penimbangan, pengurusan penyelesaian dokumen, penerbitan dokumen angkutan, perhitungan biaya angkutan, klaim asuransi atas pengiriman barang serta penyelesaian tagihan dan biaya-biaya lainnya.

 

Namun, berdasarkan peraturan Menteri di Indonesia jasa freight forwarding dapat diartikan sebagai salah satu kegiatan usaha yang ditunjukan untuk mengurus sebagian atau seluruh proses seperti pengiriman dan penerimaan beberapa barang melalui darat, laut maupun udara yang didalamnya terdapat aktivitas seperti penimbangan, pengukuran, penyimpanan, dokumen, asuransi dan lain sebagainya sampai dengan diterimanya suatu barang/pesanan oleh pelanggan.

 

Baca Juga : Alat Dapur Serbaguna Import Yang Cuan Untuk Usaha

 

1. Peraturan Freight Forwarding

 

Berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 75/PMK.03/2010 mengenai nilain lain sebagai dasar pengenaan pajak diubah yang berisikan "penyerahan jasa pengurusan transportasi [freight forwarding]perlu menyesuaikan terhadap ketentuan dan nilai lainnya sebagai dasar pengenaan pajak yang telah diatur Nomor 75/PMK.03/2010 mengenai nilai lain sebagai dasar pengenaan pajak.

 

 

Point pada peraturan Nomor 75/PMK.03/2010 tentang nilai lain sebagai dasar pengenaan pajak telah diubah seperti "penyerahan jasa pengurusan transportasi [freight forwarding] yang di dalam tagihan jasa pengurusan transportasi tersebut dikenakan biaya 10% dari jumlah yang seharusnya ditagihkan.

 

2. Tugas Umum Jasa Freight Forwarding

 

Biasanya tugas umum jasa freight forwarding ditentukan pada perusahaan seperti;

 

a. Bekerja sama dengan calon pelanggan/pelanggan untuk memastikan operasional sesuai dan lancar pada waktu yang sudah disepakati dua belah pihak.

 

b. Menawarkan beberapa layanan jasa freight forwarding seperti ingin melalui darat, laut atau udara. Hal ini untuk memastikan biaya yang efektif dan aman serta mudah berkoordinasi dengan pihak ketiga untuk memindahkan barang sesuai kebutuhan pelanggan.

 

c. Menyiapkan semua dokumentasi untuk segala peraturan seperti asuransi, pengepakan dan lainnya sesuai dengan peraturan oleh negara tujuan.

 

d. Memanfaatkan teknologi yang sudah mudah seperti saat ini atau melalui digital untuk melacak barang pesanan setiap saat

 

e. Mengecek rute pengiriman atau perjalanan yang paling cepat untuk pengiriman barang dan mempertimbangkan biaya

 

f. Bertindak seperti konsultan pada pihak atau bidang kepabeanan

 

g. Menyiapkan segala jenis asuransi dan melakukan proses klaim jika terjadi hal yang tidak diinginkan

 

 

Berikut itulah beberapa tugas umum jasa freight forwarding, sebenarnya masih banyak jasa tugas umum lainnya. Namun, beberapa itulah yang harus diterapkan oleh jasa freight forwarding.

 

3. Pihak Pihak Yang Membantu Proses Freight Forwarder

 

 

Dalam menjalankan kegiatannya freight forwarder akan melibatkan beberapa pihak agar pekerjaan serta jasa yang di tawarkan berjalan baik dan lancar. Dalam menjalankan kegiatannya freight forwarder akan melibatkan beberapa pihak agar pekerjaan serta jasa yang di tawarkan berjalan baik dan lancar. Pihak-pihak itu antara lain;

 

 

a. Bea Cukai, perdagangan, perhubungan dan lain-lain

b. Asuransi dan Bank dokumentasi serta keamanan barang yang terkait

c. Pihak pengangkut barang dan dokumen muatannya

d. Pemeriksa barang di pelabuhan

e. Pemilik barang [ penjual, pembeli, pihak lainnya ]

f. Perusahaan Bongkar Muat [ PBM ] untuk memuat&membongkar barangnya.

 

4. Jenis Pelayanan Freight Forwarding

 

Berikut ini beberapa jenis pelayanan pengiriman freight forwarding, antara lain :

 

 

Door to Port Services

System pengiriman barang yang dilakukan oleh forwarder mulai dari gudang pengirim sampai ke pelabuhan pembongkaran di tempat tujuan.

 

Door to Door Service

Pelayanan pengiriman barang kepada customer/pelanggan mulai dari gudang pengirim sampai ke gudang penerima. Sistem ini dinamakan from point to origin (mulai dari tempat pengirim) - up to the point of end (sampai gudang penerima)

 

Port to Port Service

Pelayanan pengiriman barang yang dilakukan oleh forwarder dimulai dari gudang, truk, kapal di pelabuhan sampai gudang tujuan/pembongkaran dengan menggunakan satu jenis sarana angkutan

 

Port to Door Services

Pengiriman barang dimulai dari pelabuhan pemuatan sampai gudang penerima (end user) dengan menggunakan lebih dari sarana angkutan

 

5. Cara Memilih Jasa Freight Forwarding Yang Terpecaya

 

 

Memiliki Record Unggulan

Hal ini perlu di perhatikan karena dalam melihat rekam jejak dari suatu perusahaan menandakan keberhasilan dalam suatu pekerjaannya. Biasanya perusahaan jasa yang terbaik dan terpercaya memiliki pengguna jasa yang loyal dan kalian bisa melihat review positivenya serta mencari kepastian dengan melihat apakah banyak pengguna yang merekomendasikan perusahaan tersebut.

 

Berpengalaman Dalam Bidangnya

Kalian harus ingat, produk yang akan kalian kirimkan tidak main-main, kesalahan kecil akan menimbulkan kerugian yang besar. Carilah forwarder yang sudah banyak memiliki pengalaman agar tidak menimbulkan hal-hal yang berdampak kerugian. Perusahaan yang sudah berpengalaman tentu saja sudah dapat menangani semua medan, baik di pelabuhan, pengiriman maupun perizinan.

 

Memberikan Pelayanan Yang Baik / Prima

Yang terakhir, memberikan pelayanan terbaik berkaitan langsung dalam pelayanan pelanggan. Temukan pernyedia jasa atau perusahaan yang terbaik dalam menjamin keamanan barang kalian di perjalanan. Kenali bagaimana merespon terhadap pelanggan atau cepat tanggap dalam merespon permintaan dan pertanyaan yang kalian ajukan.

 

Saat bisnis Import adalah bagian penting dari perdagangan internasional.

 

Untuk kalian yang ingin import hanya sekali bayar saja seperti belanja di marketplace, Ocistok.com menyediakan jasa tersebut dan kalian tidak perlu pusing untuk pengurusan dokumen dan syarat lainnya untuk melakukan import barang.

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST