logo_ocistok

10 Strategi Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online

Matius Enos
March 12, 2024
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/10-Strategi-Cara-Meningkatkan-Omset-Bisnis-Online.jpg

Siapa yang tak mau bisnis online laris manis? agar bisnis online kalian mencapai kesuksesan, kalian harus paham terlebih dahulu cara meningkatkan omset penjualan online.

 

Dengan kemajuan era digital semakin banyak orang berbelanja secara online melalui marketplace favorit mereka. Sehingga banyak pengusaha terjun langsung ke bisnis online, namun tak sedikit dari mereka ada juga yang mengalami kerugian sebelum berkesempatan untuk mencapai keuntungan. Maka dari itu, penting untuk kalian bagaimana cara menerapkan strategi meningkatkan omset penjualan bisnis kalian.

 

Simak 10 Strategi Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online

 

 

1. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

 

cara meningkatkan omset penjualan online

 

Kini media sosial menjadi peran penting dalam bisnis online kalian, media sosial memungkinkan kalian untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Sehingga kalian dapat memberikan informasi dengan cepat dan efektif melalui media sosial. Saat ini, banyak sekali platform media sosial yang dapat kalian gunakan, namun untuk mempermudah, kalian dapat memaksimalkan penggunaan media sosial yang efektif bagi bisnis kalian. 

 

2. Menerapkan Promo dan Diskon

 

cara meningkatkan omset penjualan online

 

Cara meningkatkan omset penjualan online berikutnya adalah dengan menerapkan promo dan diskon. Banyak bisnis online sekarang memberikan diskon saat tanggal merah atau tanggal kembar untuk meningkatkan penjualan mereka. Selain itu kalian juga bisa menerapkan strategi bundling agar pelanggan semakin tertarik dengan bisnis kalian.

 

Baca Juga : 8 Barang yang Cepat Laku Dijual Online di Tahun 2024

 

3. Manfaatkan Testimoni Pelanggan

 

cara meningkatkan omset penjualan online

 

Salah satu cara meningkatkan omset penjualan online adalah dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan testimoni pelanggan sebagai daya tarik bisnis kalian. Testimoni seperti pengalaman belanja dan kepuasan pelanggan terhadap produk dapat kalian gunakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kalian.

 

4. Belajar dari Pengusaha Sukses

 

cara meningkatkan omset penjualan online

 

Beberapa kesalahan pengusaha bisnis online adalah mereka berhenti belajar ketika sudah mencapai keuntungan tertentu. Sebaiknya harus terus belajar dari pengusaha-pengusaha yang lebih sukses. Lakukan benchmark dan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dari para pengusaha atau kompetitor lainnya. Sehingga bisnis kalian bisa lebih sukses dan omset juga bisa semakin tinggi.

 

5. Meningkatkan Inovasi dan Kualitas Produk

 

cara meningkatkan omset penjualan online

 

Cara meningkatkan omset penjualan online selanjutnya adalah dengan memperhatikan kualitas produk.

 

Sebagai pebisnis yang menjual produk fisik, kalian harus memperhatikan produk kalian berkualitas dan memberi nilai kepada pelanggan. Sama halnya dengan inovasi, semakin sering kalian melakukan inovasi maka nilai bisnis juga semakin tinggi, sehingga ketertarikan pelanggan untuk membeli juga semakin tinggi.

 

6. Aktif dalam Komunitas Online

 

cara meningkatkan omset penjualan online

 

Sebagai pebisnis/pengusaha kalian juga harus aktif dalam komunitas-komunitas, untuk memasarkan produk dan mengetahui perilaku pelanggan kalian. Saat ini Banyak sekali komunitas yang kalian dapat ikuti dan tersedia di berbagai media sosial, seperti Facebook dan Telegram yang memiliki banyak anggota yang bisa kalian ikuti.

 

Maka dari itu, kalian bisa bergabung dengan komunitas yang berhubungan dengan bisnis kalian. Contohnya seperti komunitas olahraga untuk kalian yang menjual berbagai produk olahraga.

 

 

7. Melakukan Iklan Online

 

cara meningkatkan omset penjualan online

 

Salah satu keuntungan melakukan bisnis secara online adalah mudah di integrasikan dengan iklan online. Banyak sekali cara untuk mendorong penjualan produk kalian dengan iklan. Kalian dapat memasang iklan untuk mempromosikan bisnis kalian dengan Google Ads, YouTube Ads atau TikTok ads, selain itu kalian juga menggunakan iklan pada marketplace lokal agar produk kalian lebih terlihat oleh pelanggan.

 

8. Memperluas Target Pasar

 

cara meningkatkan omset penjualan online

 

Berikutnya, cara meningkatkan omset penjualan online adalah dengan memperluas target pasar. Semakin besar jangkauan pasar kalian, maka semakin banyak potensi produk kalian akan terjual. Kalian dapat memperluas target pasar bisnis kalian dengan menyediakan varian produk yang lebih umum, sehingga pelanggan kalian tidak tersegmentasi.

 

Baca Juga: 7 Aksesoris Pria di Tahun 2024 Menjadi Pusat Perhatian

 

9. Menyediakan Metode Pembayaran Lengkap

 

cara meningkatkan omset penjualan online

 

Salah satu cara untuk menarik omset penjualan yang lebih besar adalah dengan memudahkan  pelanggan saat berbelanja. Dengan metode pembayaran yang lengkap pelanggan kalian bisa mudah dalam bertransaksi.

 

Hal ini dapat menaikan omset penjualan online, karena membantu meningkatkan transaksi bisnis online dan pelanggan juga dapat memilih berbagai metode. Metode pembayaran yang dapat kalian sediakan antara lain perBankan dan juga e-wallet seperti GoPay, OVO, DANA dan lain sebagainya.

 

10. Konsisten dalam Melakukan Evaluasi

 

cara meningkatkan omset penjualan online

 

Strategi terakhir cara meningkatkan omset penjualan online adalah untuk sering melakukan evaluasi. Kalian dapat meningkatkan  omset penjualan online dengan selalu memantau seluruh aspek bisnis.

 

Evaluasi dapat dilakukan dengan melakukan analisa terhadap pemasaran atau dengan memantau pengeluaran dan pendapatan bisnis. Sehingga kalian bisa memperbaiki segala kekurangan dari bisnis kalian.

 

Berikut itulah beberapa strategi untuk meningkatkan omset penjualan bisnis online kalian. Jika kalian ingin mencari barang untuk bisnis online, kalian bisa menggunakan Ocistok!

 

Ocistok adalah pusat grosir online yang memungkinkan kalian untuk memenuhi kebutuhan barang usaha dengan harga grosir. Di Ocistok kalian bisa mencari ribuan kategori produk unik dan pastinya juga berkualitas.

 

Ocistok juga sudah mengurus semua legalitas dan menaati segala peraturan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

 

Jika kalian ingin berkunjung ke Ocistok, Alamat kantor resmi Ocistok yang berlokasi di Gedung Wisma IWI Jl. Arjuna Sel. No.75, Lt. 7, RT.2/RW.12, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530.

 

Yuk mulai bisnis bersama Ocistok dan cari kebutuhan barang dagangan kalian sekarang. Hubungi tim sales Ocistok melalui WhatsApp 0812 1000 1808.

 

Itulah 10 Strategi Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online yang dapat dapat kalian terapkan di bisnis kalian.

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST