logo_ocistok

8 Strategi Pemasaran Bisnis Online yang Harus Diketahui di 2024

Matius Enos
April 5, 2024
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/8-Strategi-Pemasaran-Bisnis-Online-yang-Harus-Diketahui-di-2024.jpg

Kalian tau ga sih, strategi pemasaran bisnis online penting untuk meningkatkan keuntungan bisnis kalian. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, sekitar 210 juta masyarakat Indonesia sudah pernah menggunakan internet. Oleh sebab itu potensi keuntungan yang bisa kalian dapatkan melalui bisnis online sangat besar.

 

Saat ini juga, banyak pebisnis memanfaatkan pemasaran bisnis online untuk meningkatkan penjualan mereka. Kalian akan mendapatkan banyak manfaat dengan menggunakan pemasaran bisnis online seperti memberikan gratis ongkir, diskon produk dan masih banyak lagi untuk menarik semakin banyak pelanggan. Sehingga strategi pemasaran bisnis online penting untuk menjangkau semakin banyak pelanggan bagi bisnis online kalian.

 

Nah, jika kalian mau tau lebih lanjut, yuk simak terus 8 strategi pemasaran bisnis online:

 

 

1. Hadir di Platform Marketplace

 

strategi pemasaran bisnis online

 

Strategi pemasaran bisnis online pertama, adalah hadir di platform marketplace, khususnya marketplace Indonesia. Saat ini sudah banyak sekali marketplace lokal yang sering digunakan pebisnis online untuk menjangkau semakin banyak pelanggan. Keuntungan dalam menggunakan platform marketplace untuk meningkatkan penjualan antara lain adalah menjangkau pasar yang lebih luas, sarana promosi tanpa dipungut biaya dan pastinya keamanan transaksi yang terjamin bagi pembeli dan penjual.

 

2. Memaksimalkan Iklan Media Sosial

 

strategi pemasaran bisnis online

 

Iklan media sosial atau sering juga dikenal sebagai digital marketing merupakan upaya penjual, memanfaatkan iklan berbayar yang kemudian dipasang dalam media sosial. Iklan tersebut diharapkan dapat menarik semakin banyak penjualan dan juga meningkatkan awareness mengenai bisnis kalian. Gunakan iklan media sosial sewajarnya dan penting juga untuk memperhatikan pengeluaran untuk iklan media sosial kalian.

 

Baca Juga : Jasa Import Borongan Door to Door Terpercaya Di Indonesia

 

3. Menggunakan Content Marketing

 

strategi pemasaran bisnis online

 

Kalian juga dapat menggunakan konten marketing sebagai strategi pemasaran bisnis online. Konten marketing merupakan upaya pebisnis untuk membuat konten pada media sosial untuk meningkatkan interaksi antara pelanggan dengan brand kalian. Content marketing dapat kalian lakukan dalam bentuk narasi, gambar, video dan artikel, lalu bisa kalian promosikan melalui beragam media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, Twitter, Facebook atau sarana media lainnya.

 

4. Memahami dan Mengikuti Trend

 

strategi pemasaran bisnis online

 

Strategi pemasaran bisnis online berikutnya adalah dengan memahami dan mengikuti trend. Kalian tau ga sih bahwa penting untuk kalian bisa mengikuti trend pasar pelanggan kalian. Contohnya saat ini TikTok menjadi raja media sosial yang telah digunakan oleh lebih dari 100 juta penduduk Indonesia.

Sehingga kalian juga bisa aktif di media sosial TikTok sebagai upaya mengikuti trend pelanggan saat ini. Kalian juga dapat menentukan barang dagangan kalian dengan mengikuti barang-barang yang sedang trend. Kalian bisa menggunakan website seperti answerthepublic.com dan Google Trend untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai trend barang tersebut.

 

5. Memperkaya Jaringan dan Relasi

 

strategi pemasaran bisnis online

 

Strategi pemasaran bisnis online kelima adalah dengan memperkaya jaringan dan relasi. Pastinya di tahun 2024 relasi menjadi sangat penting bagi bisnis online, beberapa contoh relasi yang wajib kalian miliki sebagai pemilik bisnis adalah dengan supplier, komunitas dan pastinya pelanggan sendiri. Semakin kuat relasi dan jaringan kalian, maka kalian akan terbantu dalam memasarkan bisnis kalian. Kalian dapat memperkaya relasi sebagai partner bisnis atau juga untuk keperluan ekspansi bisnis kalian.

 

 

6. Memiliki Target Pasar yang Sesuai

 

strategi pemasaran bisnis online

 

Untuk memaksimalkan strategi pemasaran bisnis online kalian juga harus memiliki target pasar yang sesuai dengan produk kalian. Pastinya tidak semua orang membutuhkan produk yang kalian jual, sehingga kalian harus mengatur strategi yang tepat untuk penyesuaian produk kalian kepada orang-orang yang membutuhkan produk kalian. Lakukan strategi pemasaran sesuai dengan umur dan jenis kelamin yang kalian sasar, contohnya jika kalian menjual produk untuk anak muda, maka kalian dapat menggunakan pendekatan yang lebih gaul dan santai.

 

Baca Juga : Barang Impor China Yang Laku Keras di Indonesia

 

7. Menyediakan Metode Pembayaran yang Lengkap

 

strategi pemasaran bisnis online

 

Mayoritas konsumen kini ingin dimudahkan dalam berbelanja, terutama dalam melakukan pembayaran. Namun banyak dari pebisnis belum menyadari seberapa penting metode pembayaran bagi konsumen. Semakin banyak metode pembayaran yang kalian sediakan maka banyak pelanggan akan berbelanja di bisnis online kalian. Kalian dapat menerapkan beberapa metode pembayaran dari bank, e-wallet atau metode pembayaran via minimarket seperti Alfamart dan Indomart. 

 

8. Menyediakan Produk yang Murah dan Berkualitas

 

strategi pemasaran bisnis online

 

Strategi pemasaran bisnis online terakhir adalah dengan menyediakan produk yang murah dan berkualitas. Dengan produk yang lebih terjangkau pastinya akan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak, semakin bersaing harga produk dengan kompetitor, maka jumlah penjualan kalian juga akan semakin meningkat. 

 

Kalian bisa mencari stok barang bisnis online kalian dari Ocistok, Ocistok adalah pusat grosir online dimana kalian bisa mencari barang dagang dengan harga grosir dan pastinya juga berkualitas. Selain itu Ocistok juga sudah sangat terpercaya karena sudah mengurus semua legalitas dan menaati segala peraturan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

 

Yuk mulai bisnis bersama Ocistok dan cari kebutuhan barang dagangan kalian sekarang. Hubungi tim sales Ocistok melalui WhatsApp 0812 1000 1808.

 

Nah udah tau kan sekarang 8 strategi pemasaran bisnis online yang harus kalian ketahui di tahun 2024, Yuk mulai bisnis sekarang!

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST