logo_ocistok

5 Kartu Kredit Terbaik untuk Bisnis di Indonesia, Banyak Untungnya!

Aris Akbar
November 24, 2023
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/5 Kartu Kredit Terbaik untuk Bisnis di Indonesia, Banyak Untungnya!.jpg

Ada quotes bagus dari pendiri Virgin Group, Richard Branson, yang mengatakan bahwa peluang bisnis itu seperti bus, selalu ada yang datang. Jika melihat dinamika bisnis saat ini, memang benar keputusan keuangan yang bijak menjadi kunci kesuksesan, termasuk memilih dan memanfaatkan peluang kartu kredit yang tepat untuk bisnis.

 

Apalagi, sebuah studi pernah dilakukan oleh Visa pada tahun 2022 yang melibatkan 2,000 pemilik kartu kredit bisnis di Amerika menunjukkan bahwa 69% pemilik kartu kredit bisnis percaya bahwa kartu kredit membantu meningkatkan efisiensi bisnis mereka.

 

Namun, dengan berbagai opsi yang tersedia, memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan bisnis bisa menjadi sebuah tantangan lho, bukan begitu? Terlebih lagi, jika saat ini kamu sedang memilih kartu kredit pertama untuk bisnismu.

 

Oleh karena itu, berikut ini 5 kartu kredit terbaik untuk bisnis di Indonesia yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan segala macam benefitnya. Simak sampai bawah ya!

 

1. PAPERCARD

 

PAPERCARD adalah kartu kredit bisnis yang diterbitkan pada 15 Juli 2023 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkolaborasi dengan PT Pakar Digital Global atau Paper.id dan didukung oleh jaringan Visa. Inovasi baru ini menghadirkan kartu kredit yang bisa menjadi pilihan utama setiap pebisnis, lho.

 

Bagaimana tidak? PAPERCARD menawarkan berbagai kemudahan dan benefit secara eksklusif. Mengusung tema “It’s Business and It’s Personal”, PAPERCARD bisa menjadi solusi transaksi kamu sebagai pebisnis sekaligus bisa kamu nikmati keuntungannya secara personal.

 

Kamu bisa memilih PAPERCARD dari dua jenis yang berbeda, yaitu SPACECARD dan UNIVERSECARD. SPACECARD bisa digunakan untuk kebutuhan dasar bisnis kamu, seperti mengatur cash flow, pemantauan transaksi secara real-time, serta adanya cashback yang bisa kamu nikmati di setiap transaksi pakai kartu tersebut.

 

Sementara itu, UNIVERSECARD punya semua keunggulan yang ada di SPACECARD dan dilengkapi dengan berbagai manfaat lebih, mulai dari konversi transaksi ke GarudaMiles dan gratis akses ke Airport Lounge secara eksklusif. 

 

Maka dari itu, PAPERCARD sangat cocok digunakan oleh semua kalangan bisnis, mulai dari mikro, kecil, menengah hingga besar. Baik untuk pebisnis pemula maupun untuk business owner perusahaan besar sekalipun. Menarik sekali, bukan?

 

Berikut ini detail benefit dari PAPERCARD:

 

 

2. Standard Chartered Visa Business Card Platinum

 

Rekomendasi selanjutnya ada kartu kredit untuk bisnis Standard Chartered Visa Business Card Platinum. Kartu kredit ini menawarkan berbagai benefit menarik, mulai dari tarik tunai sampai 50% dari limit yang disediakan hingga dapat reward points sebesar Rp 10,000 dengan transaksi setiap bulan lebih dari Rp 10 juta.

 

Tidak hanya itu, Standard Chartered Visa Business Card Platinum gratis iuran tahunan di satu tahun pertama. Dengan kartu kredit ini juga kamu bisa menikmati cashback 5% untuk transaksi perjalanan dengan maksimal biaya transaksi sebesar Rp 2 juta per bulan.

 

Kendati demikian, kartu kredit ini sangat tidak cocok digunakan untuk bisnis kecil. Pasalnya, persyaratan dapat mengajukan kartu ini, bisnis harus memiliki pendapatan tahunan minimal Rp 10 miliar dan harus terdaftar dengan pemerintah Indonesia.

 

3. Bukopin Business Diamond

 

Kartu kredit Bukopin Business Diamond memberikan berbagai benefit menarik yang cocok menjadi pilihan kamu selanjutnya. Beberapa benefit yang ditawarkan mulai dari cicilan murah hanya 0% selama 12 bulan pertama untuk transaksi belanja dari berbagai merchant tertentu.

 

Selain itu, bunga cicilan Bukopin Business Diamond sebesar 2,90% per bulan, yang terbilang relatif kompetitif di pasaran. Bunga ini tentunya bisa membantu kamu menghemat pengeluaran untuk transaksi belanja yang tidak bisa dilakukan dengan cara cicilan 0% (merchant non-Bukopin).

 

Sangat disayangkan, kartu kredit Bukopin Business Diamond tidak bisa diterima secara luas atau sangat terbatas seperti beberapa kartu kredit utama lainnya. Hal ini karena kartu kredit tidak didukung oleh jaringan ternama seperti Visa dan Mastercard.

 

4. Danamon Corporate American Express

 

Kartu kredit Danamon Corporate American Express bisa jadi pilihan yang cocok sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Hal menarik dari kartu ini karena menawarkan fasilitas Central Billing Account dengan fitur yang bisa memudahkan kamu dalam mengatur cash flow keuangan bisnis.

 

Menariknya lagi, kartu kredit ini menawarkan gratis iuran tahunan hingga 3 tahun pertama lamanya dan diskon hingga 50% di berbagai merchant pilihan. Tentu, benefit tersebut bisa membantu kamu menghemat pengeluaran dan meningkatkan arus kas.

 

Namun, fasilitas cicilan 0% bisa dibilang terlalu singkat, yakni hanya 6 bulan. Pasalnya, beberapa kartu kredit untuk bisnis lainnya menawarkan fasilitas cicilan 0% selama 12 bulan. Hal ini, bisa menjadi pertimbangan kamu yang membutuhkan cicilan 0% yang lebih lama.

 

5. Mandiri Distribution Card

 

Mandiri Distribution Card bisa menjadi pilihan kartu kredit untuk bisnis, khususnya untuk kamu yang berbisnis di bidang retail. Dengan adanya fitur Visa Distribution, kartu kredit ini bisa membantu kamu terhubung dengan agen distribusi di seluruh Amerika, Asia, dan beberapa negara lainnya, lho.

 

Menariknya lagi, kartu kredit Mandiri Distribution Card ini menawarkan bunga yang cukup ringan, yakni hanya 0,99% per bulannya. Selain itu, kartu kredit ini bisa digunakan dengan jangkauan luas, misalnya transaksi di tempat usaha yang memiliki logo Visa atau Mastercard di seluruh dunia.

 

Namun, limit yang diberikan kartu kredit Mandiri Distribution Card cukup rendah, yakni hanya sekitar Rp 40 juta. Tentunya, hal ini bisa menjadi kendala bagi kamu yang membutuhkan akses dana lebih besar untuk kebutuhan operasional bisnis.

 

Baca juga: Cek Waktu yang Tepat Punya Kartu Kredit untuk Bisnis

 

Nah, itu dia 5 kartu kredit untuk bisnis terbaik yang bisa kamu gunakan. Dalam kesimpulannya, pemilihan kartu kredit untuk bisnis harus diiringi dengan pertimbangan yang matang, pilih yang tidak hanya memberikan kemudahan transaksi tetapi juga memberikan manfaat tambahan yang bisa meningkatkan bisnis.

 

Sebelum membuat keputusan akhir, disarankan untuk memahami dengan cermat setiap detail, termasuk batas kredit, biaya-biaya terkait, dan bonus atau insentif yang ditawarkan oleh masing-masing kartu. Jadi, kartu kredit untuk bisnis seperti apa yang akan kamu pilih?

 

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Ocistok

 

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST