logo_ocistok

Kelola Banyak Toko Online Pakai Aplikasi Integrasi Marketplace

Berilian Ardi
November 23, 2023
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/KELOLA~1.JPG

Pernah merasa kesulitan untuk mengelola banyak toko di marketplace? Mulai dari, atur stok barang, upload produk massal, sampai memproses pesanan yang harus dilakukan secara manual.

 

Apalagi kalau kamu punya banyak toko online, nggak cuma satu toko di satu marketplace aja. Ternyata ada solusi mudahnya lho! Namanya integrasi marketplace. 

 

Tapi apa yang dimaksud integrasi marketplace? 

 

Jadi, integrasi marketplace adalah sebuah proses yang bisa  menghubungkan lebih dari satu e-commerce maupun  marketplace ke dalam satu sistem saja sehingga pelaku usaha dapat menyinkronkan katalog produk, proses pesanan, manajemen inventory, sampai pengiriman barang.

 

Dengan begitu, kamu bisa secara mudah mengatur seluruh operasional bisnismu deh! Nah, daripada penasaran yuk kita simak kelebihan dari aplikasi integrasi marketplace di bawah ini.

 

Baca Juga : 5 Cara Memilih Sistem Toko Online Terbaik

 

Kelebihan Aplikasi Integrasi Marketplace Pada Bisnis

 

Kalau tadi kita udah bahas mengenai pengertian integrasi marketplace dan manfaatnya. Nah, sekarang apa saja keuntungan dari penggunaan aplikasi manajemen integrasi marketplace?

 

Berikut ini, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika memakai software integrasi marketplace. Yuk, kita simak!

 

Memudahkan Akses ke Seluruh Data

Keuntungan pertama jika menggunakan aplikasi manajemen integrasi marketplace adalah kemudahan dalam mengakses seluruh data yang berkaitan dengan toko online. Mulai dari pesanan barang, produk, kategori, inventory, data pelanggan, status pengiriman pelanggan, sampai pelaporan bisnis. 

Semua data tersebut, pastinya sangat penting saat menjalankan sebuah bisnis dan menyediakan layanan.

 

Operasional Bisnis Bisa Lebih Efisien

Software manajemen marketplace juga dapat memberikan keuntungan untuk bisnis dalam menjalankan operasional bisnis. Sebab, kamu bisa mengurus segala kebutuhan toko hanya melalui satu dashboard saja. 

Umumnya, kalau kamu punya toko di marketplace harus menambahkan produk, seperti gambar, deskripsi, kategori produk, dan lainnya secara manual. Bagaimana jika produk yang kamu miliki sangat banyak dan punya lebih dari 2 toko?

 

Tentunya akan menguras waktu dan tenaga, karena kamu harus menambahkannya satu per satu. Tetapi berbeda ketika menggunakan aplikasi kelola marketplace, kamu cuma memasukkan gambar sekali, selanjutnya kamu bisa langsung menyebarkannya ke seluruh toko di berbagai marketplace. Tanpa perlu khawatir perbedaan kategori produk di masing-masing marketplace, karena sudah dipetakan menyesuaikan ketentuan marketplace.

 

Tidak hanya itu saja, software ini akan membantumu dalam pengelolaan stok yang real-time. Salah satunya tersedia sinkronisasi stok (sync stock) secara otomatis.  Contoh, kamu berjualan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia dan persediaan stok barang kamu ada 10pcs di setiap toko. Kemudian ada customer yang membeli sebanyak 2 pcs di Tokopedia.

Nah, secara otomatis stok barang yang ada di Shopee dan Lazada berkurang 2 pcs tanpa kamu harus mengubahnya sendiri. 

 

Proses Orderan Hanya di Satu Dashboard

Kecepatan memproses pesanan menjadi satu kunci berjalannya sebuah bisnis, disini keuntungan lain dari manajemen integrasi marketplace. Dimana, mempermudah proses pengiriman barang ke pelanggan, sebab semuanya bisa diproses dari satu dashboard saja.

Misalnya, ada orderan masuk sebanyak 50 pesanan di Shopee dan 50 pesanan di Tokopedia. Jika biasanya kamu mesti memprosesnya satu persatu di setiap marketplace, sekarang hanya di satu dashboard kamu dapat langsung memprosesnya sehingga lebih hemat waktu dan tenaga.

 

Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Terakhir, kamu dapat meningkatkan penjualan dengan semua marketplace. Semakin banyak marketplace yang terhubung, maka semakin banyak pula pelanggan yang bisa kamu dapatkan sehingga potensi bisnismu semakin besar. Apalagi setelah kamu menerapkan layanan yang stabil sekaligus menjangkau audiens yang lebih luas.

 

Baca Juga : 4 Rekomendasi Distributor Mainan Anak yang Aman dan Terpercaya

 

Rekomendasi Software Kelola Banyak Toko Online

 

Salah satu sistem integrasi marketplace yang bisa kamu gunakan adalah Jubelio platform omnichannel. Tidak hanya menghubungkan antar marketplace saja, tapi kamu juga bisa integrasikan website toko online dan social commerce. Fitur-fitur yang ditawarkan juga lebih lengkap, kamu bisa balas chat pelanggan hingga terhubung ke toko offline (fisik) dengan software POS.

 

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Ocistok

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST