logo_ocistok

Apa Itu Chat Commerce dan Keuntungannya untuk Bisnis Online

Berilian Ardi
January 23, 2024
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Apa-Itu-Chat-Commerce-dan-Keuntungannya-untuk-Bisnis-Online.jpg

Apakah kamu sering mengalami telat dalam membalas chat pelanggan?

 

Itu tandanya kamu butuh platform chat commerce untuk memudahkan serta lebih cepat dalam menjawab pelanggan. Cara tersebut, ternyata bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online kamu. 

 

Terlebih lagi, jika kamu memiliki toko yang tersebar di seluruh marketplace, social commerce, atau website dikarenakan harus memantaunya secara manual.  

 

Tapi kamu tahu nggak, apa yang dimaksud chat commerce atau seberapa efisien nya penggunaan software balas chat customer ini? 

 

Kalau belum, ada baiknya kamu simak artikel ini yuk!

 

Baca Juga : Kelola Banyak Toko Online Pakai Aplikasi Integrasi Marketplace

 

Apa Itu Chat Commerce?

 

Mungkin sebagian dari kamu asing nih dengan “chat commerce”, padahal penggunaan platform ini banyak memberikan kemudahan untuk para pebisnis lho! Khususnya buat kamu yang punya toko online, kayak di marketplace. 

 

Jadi, chat commerce adalah sebuah platform yang mengintegrasikan atau menghubungkan e-commerce dengan media komunikasi sebagai medium. Dengan begitu, mempermudah seller untuk membalas pesan pelanggan sekaligus transaksi mereka. 

 

Selain itu, penggunaan chat commerce juga dapat memberikan pengalaman interaksi yang menarik, sebab mereka tidak perlu menunggu lama untuk kamu menjawab pesan mereka.

 

Keuntungan Pakai Aplikasi Chat Marketplace untuk Bisnis

 

1. Integrasi ke Seluruh Marketplace

Ini dia keuntungan dari pemakaian chat commerce, yaitu sudah terhubung ke seluruh channel penjualan sehingga kamu tidak perlu secara manual membuka satu persatu toko di marketplace.

 

Jadi, kamu udah bisa membalas chat customer  secara cepat, karena semua pesan bisa langsung  kamu akses di satu dashboard sehingga mereka tidak perlu menunggu lama balasan darimu.

 

Karena, sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan online kamu, mulai dari marketplace, social commerce, dan website toko online.

 

2. Fitur Auto Reply 

Pernah mengalami customer yang ingin pesannya dibalas secara cepat? 

Tenang, aplikasi chat marketplace menyediakan fitur auto reply atau fitur bot. Fungsi bot sendiri sangat memudahkan pelanggan ketika mereka mencari informasi seputar produk ataupun memberikan informasi saat toko online kamu sedang offline. 

 

Jadi, ketika tidak ada agen (admin) yang sedang bertugas, pertanyaan pelanggan bisa dijawab dulu oleh bot, bila pertanyaan pelanggan lebih spesifik, kamu bisa menjawabnya secara manual saat admin sedang online.

 

3. Tersedia Dalam Bentuk Aplikasi 

Paling penting ketika kamu menggunakan software chat marketplace, pastikan platform bisa diakses melalui smartphone supaya kamu bisa lebih mudah untuk mengaksesnya.

 

Karena cukup melalui gadget kamu dapat berkomunikasi langsung dengan customer sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menjawab pesan mereka.

 

Tapi bukan hanya sekadar tersedia di gadget saja melainkan kamu pun harus memastikan tersedia fitur-fitur penting, seperti balasan cepat, balasan otomatis, tampilan chat yang memudahkanmu untuk filter chat pelanggan, bisa melakukan penugasan agen (admin), dan lainnya.  

 

4. Meningkatkan Potensi Penjualan

Selain membalas chat pelanggan, adanya aplikasi chat commerce juga  bisa sebagai media untuk mempromosikan produk juga. Jadi, kamu bisa promosikan produk ke pelanggan dan nantinya mereka dapat melakukan pembelian produk sehingga proses transaksi bisa dilakukan secara cepat dan praktis.

 

Pelanggan tinggal menanyakan produk yang diinginkan, kemudian memilih produk, sampai proses orderan pun bisa dilakukan dengan cepat. Dengan begitu, dapat menghemat waktu konsumen ketika membeli produk sekaligus bisa meningkatkan jualan bisnismu. 

 

Baca Juga : 5 Cara Memilih Sistem Toko Online Terbaik untuk Bisnis

 

Rekomendasi Platform Chat Commerce Terbaik

 

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan aplikasi chat marketplace untuk bisnis, kamu bisa pakai rekomendasi satu ini, yaitu Jubelio Chat.

 

Dengan Jubelio Chat, kamu udah bisa membalas semua pesan customer hanya melalui satu dashboard aja! Jadi, nggak perlu lagi membuka setiap toko di marketplace untuk menjawab pesan pelanggan.

 

Sebab, software Jubelio Chat sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan kamu, mulai dari marketplace, social commerce, dan website.

 

Ditambah udah tersedia fitur yang lengkap, seperti balasan otomatis, balasan cepat, tampilan chat, dan lainnya. Paling penting udah bisa kamu akses melalui smartphone, tinggal download aplikasinya deh. Buat tahu fitur dan penggunaannya, kamu bisa Cek Jubelio Selengkapnya>>>

 

*Artikel ini hasil kerja sama antara Ocistok dengan Jubelio

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST