logo_ocistok

Apa Itu Omnichannel, Keuntungan, dan Rekomendasi

Berilian Ardi
April 23, 2024
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Apa-Itu-Omnichannel,-Keuntungan,-dan-Rekomendasi.jpg

Apa Itu Omnichannel ?

 

Omnichannel adalah strategi pemasaran dan penjualan yang mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi dan penjualan menjadi satu sistem.

 

Dalam konteks bisnis, omnichannel memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan brand melalui berbagai saluran seperti toko fisik, website toko online, marketplace, social commerce, dan lainnya.

 

Maka dari itu, bisa dikatakan sistem omnichannel adalah sebuah platform yang dapat menghubungkan beragam channel penjualan online dan offline ke dalam satu dashboard sehingga mempermudah operasional bisnis, seperti upload produk massal, manajemen stok barang, proses pesanan, sampai pengiriman barang.

 

Tujuan omnichannel adalah untuk memberikan konsistensi, kemudahan, dan kenyamanan bagi pelanggan, serta meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan. Sedangkan dari sisi penjual, omnichannel dapat membantu mereka untuk mengelola segala kebutuhan bisnis.

 

Baca Juga : Apa Itu Chat Commerce dan Keuntungannya untuk Bisnis Online

 

Manfaat Platform Omnichannel untuk Bisnis Online

 

Selain itu, ada beberapa manfaat omni channel untuk bisnis online, diantaranya:

 

1. Meningkatkan Pengalaman Berbelanja:  Dengan menyediakan pengalaman yang mulus di berbagai saluran, pelanggan dapat dengan mudah berinteraksi dengan bisnis Anda dan melakukan pembelian tanpa hambatan.

 

2. Mempermudah Operasional Bisnis:  Penerapan sistem omni channel bisa memudahkan segala operasional bisnis, baik yang bisnis online maupun offline. Karena, sudah terintegrasi ke dalam satu dashboard.

 

3. Analisis data: Dengan mengintegrasikan data dari berbagai saluran, kamu dapat memperoleh informasi terkait perilaku pelanggan dan tren pasar, sehingga memungkinkan kamu untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam hal inventaris, pemasaran, dan strategi penjualan.

 

4. Manfaat Omnichannel bisa meningkatkan penjualan.  Dengan menyediakan pengalaman yang dioptimalkan di setiap titik kontak, Anda dapat meningkatkan kemungkinan konversi pelanggan dari prospek menjadi pembeli.

 

5. Memberikan Fleksibilitas Pembelian Produk: Karena kamu berjualan di berbagai platform jualan online, maka penggunaan omnichannel bisa memberikan pilihan cara pembelian yang paling nyaman bagi mereka, bisa melalui website toko, marketplace, toko fisik, atau saluran lainnya.

 

6. Peningkatan Retensi Pelanggan: Pelanggan cenderung akan lebih setia terhadap satu brand dan kembali untuk membeli barang ketika mereka sudah percaya dan merasa nyaman dalam berbelanja.

 

7. Peningkatan Penjualan: Dengan memberikan pelanggan lebih banyak pilihan berbelanja, secara tidak langsung kamu dapat meningkatkan peluang penjualan. Sebab, omnichannel memungkinkan pelanggan untuk mulai interaksi di satu saluran dan melanjutkannya di saluran lain sehingga dapat meningkatkan konversi.

 

8. Pengoptimalan Inventaris:  Dengan visibilitas yang baik, kamu bisa lebih mengoptimalkan inventaris untuk menghindari kekurangan atau kelebihan stok.

 

9. Peningkatan Reputasi Brand: Di satu sisi, penggunaan omni channel dapat memperkuat reputasi brand kamu. Sebab, pelanggan akan mengidentifikasi merek dengan kualitas produk dan kenyamanan berbelanja.

 

Secara keseluruhan, keuntungan omnichannel memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan, meningkatkan penjualan dan retensi, serta mengoptimalkan operasional bisnis secara keseluruhan.

 

Perbedaan Omni channel dan Multi Channel

 

Omnichannel dan multichannel adalah dua pendekatan yang berbeda dalam strategi pemasaran dan penjualan.

 

Sebelum itu, kita ketahui dulu apa itu multichannel?

 

Jadi, multichannel adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan beberapa saluran, seperti email, telepon, dan media sosial, namun saluran-saluran ini tidak terintegrasi. Dengan begitu, brand dapat mengkomunikasikan merek mereka dan pelanggan mungkin mengalami perbedaan dalam pengalaman antara satu saluran dan saluran lainnya.

 

Perbedaan omnichannel dan multichannel adalah  terletak pada integrasi saluran komunikasi. Dalam strategi omnichannel, semua saluran komunikasi terintegrasi menjadi satu platform terpusat, sedangkan dalam strategi multichannel, saluran-saluran komunikasi tidak terintegrasi.

 

 

Baca Juga : 4 Daftar Software Omnichannel Terbaik untuk Kelola Toko

 

Rekomendasi Sistem Omnichannel Terbaik di Indonesia

 

 

Di Indonesia sudah ada platform omnichannel yang bisa kamu gunakan, namanya Jubelio Omnichannel 

 

Dengan Jubelio, kamu dapat mengelola seluruh operasi bisnis hanya melalui satu sistem saja, jadi buat kamu yang memiliki banyak toko online dan offline udah tidak perlu pusing lagi untuk kelolanya secara manual. 

 

Karena, Jubelio sudah terintegrasi ke berbagai channel penjualan, seperti marketplace, social commerce, website, dan toko fisik.

 

Selain itu, fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap, mulai dari manajemen pesanan, upload produk, inventory, sistem manajemen gudang, chat commerce, software POS, fitur akunting, sampai fitur pengiriman barang. Cari tahu lebih jelasnya mengenai Jubelio <<<Cek selengkapnya

 

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Ocistok

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST