logo_ocistok

Warehouse Management System: Definisi, Manfaat, dan Rekomendasi WMS di Indonesia

Berilian Ardi
March 25, 2024
Comments
https://s3x.ocistok.com/ocistok/content/foto/Warehouse-Management-System-Definisi,-Manfaat,-dan-Rekomen.jpg

Bisnis yang memiliki atau mengelola stok barang dengan jumlah yang banyak, terkadang pasti merasa kesulitan. Misalnya, terjadinya selisih stok barang, ada produk yang kadaluarsa, atau bahkan sering mengalami stok barang yang hilang.

 

Maka dari itu, kamu membutuhkan proses pergudangan yang teratur sekaligus tempat penyimpanan. Nah, untuk mencegah masalah tersebut, kamu butuh yang namanya warehouse Management system (WMS).

 

Dengan sistem WMS ini kamu dapat kelola gudang lebih mudah, karena dilengkapi berbagai fitur, seperti proses putway, pick, pack, and shipping, kemudian sistem barcode scanner, dan lainnya.

 

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai warehouse system, simak dulu yuk penjelasan tentang pengertian dari sistem WMS itu sendiri.

 

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Gudang Terbaik di Indonesia

 

Apa Itu WMS Gudang?

 

Warehouse management system adalah sistem yang dirancang untuk mempermudah kinerja manajemen gudang secara end to end process.

 

Manfaat dari penggunaan warehouse management system adalah ini untuk mempermudah pengelolaan stok di dalam rak gudang. Penggunaan sistem manajemen gudang yang tepat, tentunya bisa menciptakan efisiensi dalam proses pergudangan, seperti pelacakan, penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman barang.

 

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kapan barang masuk dan barang keluar di gudang, kemudian penempatan produk bisa disesuaikan untuk setiap jenis produk, sampai validasi pesanan dan pengiriman barang ke konsumen. Jadi, kamu dapat meminimalisir resiko yang terjadi seperti human error, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

 

Tapi, sekarang udah ada sistem gudang dalam bentuk aplikasi. Jadi, kamu yang memiliki gudang bisa dengan mudah melakukan pengelolaan manajemen stok di dalam gudang. Sebab, dengan aplikasi warehouse kamu bisa melakukan scan untuk penempatan dan pengambilan barang, serta ketika melakukan stok opname.

 

Kenapa Sistem Gudang Penting bagi Bisnis?

 

Maka terdapat banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan sistem WMS, diantaranya:

 

1. Kecepatan Dalam Handling Proses

Dengan menerapkan warehouse management system (WMS) pada sistem pergudangan, kamu bisa mendapatkan kelebihan dalam meningkatkan kecepatan proses pemenuhan pesanan sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga.

Sebab, semua kegiatan pergudangan bisa dilakukan melalui komputer atau gadget kamu. Dengan begitu, semua transaksi dan gudang bisa dilakukan secara cepat.

 

2. Lokasi Penyimpanan Mudah Diatur

Penggunaan sistem gudang WMS, memudahkan kamu untuk mengatur lokasi penyimpanan barang secara optimal sehingga karyawan gudang tidak membutuhkan waktu lama untuk mencari produk di gudang.

Terlebih lagi, jika kamu menjual produk yang memiliki waktu kadaluarsa, pastinya sangat membutuhkan perhatian jangan sampai membuat produk menumpuk di gudang. Umumnya, setiap manajemen pergudangan punya sistem manajemen persediaan, seperti sistem FIFO, LIFO, FEFO, dan Average.

 

3. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Jika kamu menerapkan sistem pergudangan yang tepat, maka keuntungan warehouse management system dapat mempersingkat proses pemesanan hingga  pengiriman barang kepada konsumen.

Dengan penggunaan sistem yang bisa dilakukan melalui mobile atau gadget  kamu dapat menentukan pengiriman dan mampu meningkatkan pelayanan konsumen.

 

4. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Tidak hanya meningkatkan pelayanan saja, tetapi kamu juga bisa meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan gudang. Sistem manajemen gudang akan membantu kamu untuk memberi informasi kepada karyawan terkait pekerjaan yang harus mereka lakukan saat berada di gudang.

 

Baca Juga : 4 Daftar Software Omnichannel Terbaik untuk Kelola Toko

 

Rekomendasi Aplikasi Warehouse Management System di Indonesia

 

jubelio

 

Apakah kamu mencari software WMS? Kalau Iya, kamu bisa menggunakan aplikasi warehouse management system yang berasal dari Indonesia, yaitu Jubelio WMS.

 

Jubelio WMS akan membantu kamu dalam  memudahkan  proses pergudangan, karena sudah terintegrasi dan dilengkapi berbagai fitur yang lengkap untuk menunjang berjalannya bisnis. 

 

Berikut ini fitur-fitur terbaik dari sistem WMS Jubelio, diantaranya:

 

1. Manajemen Lokasi Gudang, kamu dapat melakukan pemetaan lokasi gudang berdasarkan lantai, baris, kolom, dan rak barang.

2. Pemenuhan Pesanan, seluruh proses pesanan barang mulai dari picking, packing, sampai shipping sudah terhubung ke dalam satu sistem.

3. Tersedia Berbagai Metode Pengambilan Barang (Batch, Cluster, dan Zone Picking)

4. Proses Putaway yang tepat, dimana kamu bisa mendapatkan rekomendasi lokasi penyimpanan produk sehingga mudah untuk dilacak.

5. Transfer produk dari satu gudang ke gudang lainRekomendasi untuk transfer produk dari rak inbound ke rak picking saat stok menipis.

6. Laporan Performa Karyawan,  pantau performa tiap petugas karyawan secara mudah.

7. Ada Aplikasi WMS Mobile, Lebih mudah melakukan proses putaway, picking, packing, dan stock opname hanya lewat aplikasi mobile Jubelio WMS.

8. Lacak keluar masuk barang dengan scan barcode, untuk menghindari kesalahan pengambilan barang.

9. Rencanakan pengisian stok barang agar tidak terjadi overselling.

10. Terintegrasi dengan sistem Omnichannel.

 

Buat kamu yang ingin tahu lebih lengkapnya mengenai Jubelio WMS, bisa cek selengkapnya disini ya>>>

 

*Artikel Ini Hasil Kerja sama Jubelio dan Ocistok

Comment :

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

RECENT POST